Balap Formula One (F1) musim 2019 akan segera dimulai. Seri pertama bakal diselenggarakan di Australian Grand Prix, Melbourne 17 Maret 2019 mendatang.

Segala persiapan tentu sedang dilakukan oleh semua tim balap, termasuk Honda. Apalagi tahun ini Honda bekerja sama dengan dua tim balap F1 sekaligus yakni Red Bull Scuderia Toro Rosso dan Aston Martin Red Bull Racing.

Dalam kiprahnya di kompetisi jet darat, Honda bekerja untuk merancang dan mendukung sumber tenaga penggerak atau mesin dari kedua kubu. Pengujian tahap akhir bakal dilakukan serentak di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol 18 – 21 Februari 2019.

Katsuhide Moriyama sebagai Chief Officer for Brand and Communication Operations Honda Motor Co., Ltd mengatakan, ajang balap Formula One akan dimulai sebentar lagi dan kami telah mencapai tahap final dari persiapan kami, dengan sesi pertama yang terdiri dari delapan hari percobaan di sirkuit Barcelona. Tahun ini akan menjadi momen penting bagi Honda, seiring dengan  dimulainya musim kelima dibawah regulasi Power Unit (PU).

Regulasi Power Unit ini pun terbilang cukup menyulitkan bagi para pabrikan mesin balap F1. Dimana dalam regulasi tersebut mesin berkonfigurasi V6 berinduksi Turbocharger wajib memiliki fuel efficiency maksimal dengan tetap menghasilkan performa dan durabilitas terbaik.