Honda Zoomer a

Matic.

Mendengar satu kata itu saja Anda sudah terbayang akan kendaraan roda dua yang lazim digunakan di negeri ini. Simplisitasnya  meruntuhkan dominasi motor bebek yang sebelumnya merupakan kendaraan pilihan rakyat. Soal performa, sudahlah. Tak perlu diragukan lagi. Akselerasi kendaraan berpenggerak sistem CVT ini memang terkenal yahud. Sekali tarik gas langsung ngacir tanpa harus repot mengoper gigi, apalagi menarik tuas kopling.

Honda Zoomer b

Desain ringkas, penggunaan yang tidak merepotkan, konsumsi bahan bakar irit, dan performa yang cihuy untuk wara-wiri di jalanan perkotaan membuat jenis motor yang satu ini mendapat perhatian di masyarakat. Coba saja Anda menghitung motor matic yang melintas di jalanan depan Anda selama lima menit saja. Dijamin bisa kewalahan.

Honda Zoomer d

Berbeda dengan matic yang satu ini.  Anda boleh saja berkata, this one really came from another universe.

Desain keseluruhan yang boxy namun tetap ringkas. Lampu model foglamp yang dipadu dengan grill besi. Ban gempal berukuran 120/90-10 di bagian haluan dan 130/90-10 di bagian buritan dengan kembangan rugged semi offroad. Perkenalkan, namanya Honda Zoomer.

Honda Zoomer l

Bagian yang paling menarik perhatian ketika melirik Zoomer adalah desain body yang dibiarkan kosong tanpa penutup. Hanya rangka yang bersilangan hingga terlihat macam Roll Bar dalam kabin mobil Jip.

Anehnya, bagian kosong di bawah jok entah mengapa malah memberikan daya magis setiap orang untuk terus memandanginya. Tidak ada apa-apa disana. Namun saya jamin Anda akan terhipnotis untuk memandanginya. Saya jadi teringat kuotasi dari Biksu Tong Sam Cong, “Kosong adalah Isi. Isi adalah Kosong.”

Honda Zoomer g

Jujur saja, Zoomer memang tidak terlihat selayaknya motor. Kalau Anda tahu kendaraan buggy, nah! Zoomer mungkin pantas disebut sebagai kawin silang antara buggy dan sepeda motor. Atau mungkin cocok ya bila disebut sebagai buggy beroda dua? Terserah imajinasi anda saja mau mendeskripsikannya seperti apa. Hehe…

Honda Zoomer e

Lalu bagaimana dengan performanya saat ditunggangi dan dibesut langsung di jalan raya?

Mencicipi sensasi berkendara dengan berbagai jenis motor matic di Indonesia sih sudah sering. Namun belum ada yang mengalahkan kestabilan handling Zoomer dalam bermanuver. You’re not driving it. You’re not riding it. You’re literally gliding.

Honda Zoomer

Ah… saya belum bilang kalau tangki bensin Zoomer berada tepat berada di dek. Ini dia rahasia kenapa Zoomer bisa sangat stabil saat dikendarai. Posisi tangki membuat Center of Gravity Zoomer tepat berada di tengah dan serendah mungkin. Ditambah dengan ban gambotnya. Saya rasa Anda tidak perlu ragu untuk melibas tikungan-tikungan patah atau melakukan maneuver diantara kemacetan. Namun hati-hati terhadap kaca spionnya. Baplang!

Honda Zoomer k

Ngomongin soal ergonomi, Zoomer dilengkapi dengan setang model raise bar yang membuat lengan terasa nyaman. Soal posisi kaki, dek Zoomer terbilang luas. Untuk saya yang tingginya 162 cm bisa bebas memilih posisi kaki. Mau menekuk atau selonjoran? Atur saja. Beralih ke posisi duduk. Dengan bentuk nyaris persegi mengikuti desain rangka belakang membuat jok Zoomer hanya bisa diduduki oleh satu orang saja. Ingin membonceng pasangan dengan Zoomer? Never gonna happen. This one is yours only.

Honda Zoomer j

Lalu bagaimana dengan dapur pacunya? Cukup 49cc berpendingin cairan dengan sistem pengabutan injeksi. Ya, anda tidak salah baca. Kubikasinya memang tidak sampai setengah dari mayoritas motor matic yang beredar disini. Daya sebesar 4.9HP yang disemburkan toh sudah cukup untuk wara-wiri di rimbunnya belantara ibukota.

Honda Zoomer m

Toh lagipula jika Anda mengendarai Zoomer, buat apa melaju kencang-kencang. Biarkan saja pandangan mata pengguna jalan lain tertuju kepada Anda. Percayalah, Zoomer adalah satu-satunya motor matic yang tidak akan mengorbankan penampilan anda yang jantan dan macho!

“Never judge a Zoomer by its cover, because it doesn’t have any.

Property of Safari Motor
Jalan Raden Saleh
Karang Mulya, Ciledug
02199009003