Husqvarna TR650 Terra

Ritual keseharian yang dilakukan oleh pekerja di ibukota sudah pasti akan sangat membosankan jika tidak diimbangi dengan memanjakan diri. Berangkat pagi menembus rimba kemacetan Jakarta menuju kantor, lalu harus menerabas stagnansi jalan sudah menjadi aktivitas yang terpaksa harus mereka jalani. Nah, untuk menebus itu semua tentunya bisa diawali dengan memiliki hobi. Salah satunya adalah kegemaran berpetualang di atas sepeda motor. Melibas beragam jenis trek mulai dari aspal, batu hingga tanah di pinggiran kota menuju lokasi menginap di puncak bukit bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan sambil melepas penat.

Husqvarna TR650 Terra 3

Deringan ponsel pintar yang menyapa di akhir minggu di akhiri dengan ajakan untuk menikmati sensasi berkendara di atas Husqvarna TR650 Terra. Sebuah motor dengan jenis kelamin enduro yang digadang sebagai motor penjelajah segala medan. Merasa penasaran, akhirnya saya terpaksa berlayar di ranah maya untuk mencari informasi seputar motor ini.

Husqvarna TR650 Terra 6

Dari beberapa laman internet yang saya baca, TR650 Terra bisa diandalkan untuk melibas tikungan di aspal mulus, “terbang” menyusuri jalan berbatu, merayap di bebatuan hingga bercengkerama di tanah basah menuju puncak gunung. Well, dengan semua fleksibilitas ini maka Anda dapat bebas berpetualang ke mana saja. Hmmm.. Sepertinya malam ini saya tidak dapat tertidur nyenyak lantaran benak diganggu oleh imajinasi akan petualangan di esok hari.

Husqvarna TR650 Terra 10

Untungnya mentari tersenyum manis memancarkan pesonanya mengiringi perjalanan kami menuju pinggiran kota sambil membesut motor yang teknologi mesinnya satu keluarga dengan BMW G 650 GS Sertao ini. Lumbung pacu satu silinder 652 cc 58 hp-nya terasa sangat responsif melayani pelintiran throttle yang saya mainkan untuk bermanuver melintasi rimbunnya tumpukan mobil. Kendati memiliki DNA enduro, namun masih mumpuni melahap tikungan tajam dengan kondisi aspal mulus dalam kecepatan tinggi.

Husqvarna TR650 Terra 4

Sayangnya, walau versi yang kami jajal kali ini mengusung sistem pengereman dari Brembo, namun belum dibekali dengan ABS yang merupakan perangkat optional. Ban dengan kembang tahu yang terpasang juga membuat saya harus sedikit berhati-hati. Sejatinya, manufaktur yang bermarkas Cassinetta, Biandronno, Italia ini juga menghadirkan saudara kembar Husqi TR650 Terra khusus untuk Anda yang lebih gemar berpacu di jalan aspal, TR650 Strada. Namun, ketimbang menebus dua motor untuk kondisi jalan yang berbeda, lebih baik Anda memboyong si Terra plus ban aspal. Jadi jika Anda ingin melaju di jalan rata, cukup mengganti bannya saja. Gampang..

Husqvarna TR650 Terra 2

Nah, sekarang saatnya kita bermain. Torsi sebesar 60 Nm yang disalurkan lewat sistem transmisi 5-speed Clutch Multiplate mudah menaklukkan beragam kondisi jalan yang kami lewati. Mulai dari berpasir, batu hingga tanah. Handling? Tenang, bobotnya yang mencapai 186 kg (dalam kondisi bahan bakar penuh) ditopang sempurna oleh sistem suspensi Up Side Down di depan dan lengan ayun baja dengan progressive link plus shock absorber dari Sachs di belakang.

Husqvarna TR650 Terra 7

Walau sedikit lelah akibat menempuh perjalanan lumayan jauh ditambah dengan beratnya trek yang kami lalui, namun sontak sirna lepas dihibur oleh birunya langit berpendarkan awan putih di angkasa. Ditingkahi dengan gemercik air dan merdunya melodi pepohonan terhembus angin membuat raga ini menyegar.  Hingga akhirnya kami memutuskan untuk segera kembali ke rumah sambil tersenyum puas.