Hyundai i30 dengan model baru Fastback N didulat menjadi Safety Car di kejuaraan World Super Bike (WorldSBK) mulai tahun ini. Tugas baru Hyundai i30 Fastback N ini untuk menggantikan kiprah Alfa Romeo dan SEAT yang lengser di 2018.

Mobil ini memang terlahir punya performa mesin yang cukup mengesankan. Oleh karenanya, Hyundai i30 Fastback N dianggap mumpuni oleh penyelenggara kejuaraan WorldSBK 2019 untuk mengimbangi kecepatan motor superbike saat berlaga di lintasan balap.

Demi menyesuaikan kebutuhan mengawal pembalap WorldSBK, Hyundai melakukan beberapa ubahan pada i30 N Fastback. DIantaranya peletakan posisi lampu belakang untuk aerodinamika dan visibilitas para pembalap di belakang dan livery ala mobil reli tim pabrikan Hyundai Motorsport.

Selain itu, kursi depan juga diganti menjadi bucket seat merek Sabelt, yang nantinya akan ditempati pengemudi Safety Car serta petugas medis (Dokter). Secara tampilan, Hyundai mengadopsi warna velg depan-belakang berbeda, sama seperti mobil WRC i20.

Penggunaan ban Pirelli P Zero ditambah rem Pagid juga akan memastikan performa serta grip maksimal di lintasan.

“Membangun Safety Car WorldSBK adalah proyek yang sangat menarik bagi kami. Ini bukanlah mobil balap, namun akan menghabiskan sebagaian waktunya di lintasan balap,” jelas Thomas Schemera, Executive Vice President and Head of Product Planning & Strategy Hyundai Motor.

“Karena i30 Fastback N terlahir kencang, kami tak melakukan banyak ubahan agar mobil dapat melakukan pekerjaanya,” tambah Thomas.

Hyundai i30 Fastback N akan memulai debut tugasnya pada seri pertama WorldSBK 2019, di Philip Island, Australia. Selain i30 Fastback N, Hyundai juga akan menyuplai model lainnya seperti Kona dan Tucson sebagai mobil operasional WorldSBK saat balapan.