Berita datang dari pabrikan otomotif Hyundai Motor Company. Pabrikan otomotif asal Korea selatan ini telah resmi mendatangani MOU (Memorandum of Understanding) dengan Pemerintah Indonesia untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Hyundai akan berinvestasi besar-besaran untuk membangun fasilitas produksinya di tanah air.

Menariknya, kedepannya nanti saat fasilitas produksi ini beroperasi, Hyundai bukan hanya merakit mobil saja, melainkan akan membuat mobil dari awal atau dari nol. Berbeda dengan pabrik yang kini dimiliki PT Hyundai Mobil Indonesia yang berada di kawasan Bekasi, Jawa Barat di mana hanya digunakan sebagai perakitan H-1.

Deputy Marketing Director PT HMI, Hendrik Wiradjaja menyebutkan, pabrik yang akan dibuat oleh Hyundai Korea memang full manufaktur dan robotic, bukan sekadar perakitan. Berbeda dengan pabrik HMI di Bekasi, yang memang hanya perakitan untuk H-1.

Lebih lanjut Hendrik mengatakan, untuk model apa yang akan dibuat sebenarnya belum ada informasi detil, tetapi mobil yang akan diproduksi dipastikan jenis penumpang yang sesuai dengan market Indonesia dan negera Asia lainnya, yakni city car, serta Sport Utility Vehicle.