003-hyundai-santa-cruz-concept-1

Urban Adventurer, itulah dua kata yang ingin ditekankan Hyundai kala memperkenalkan Santa Cruz Crossover Truck Concept di Detroit, AS, pada minggu ini. Pikap berbentuk unik ini dilempar ke pasaran guna meningkatkan animo masyarakat di pasar yang diklaim Hyundai sebagai tempat bermukimnya pembeli mobil terbesar kedua di dunia.

Menilik bentuknya, Santa Cruz Crossover Truck ini layaknya percampuran dua jenis varian, Honda Ridgeline dan Subaru Baja yang berbagi ukuran dan penampilan. Pintunya dibuat terintegrasi antara depan dan belakang, hingga terlihat pintu depannya saja. Lengkung roda, atap dan bak menawarkan sebuah kelonggaran untuk barang bawaan baik dari segi bentuk dan ukuran.

Uniknya, ekterior baknya pun dirancang istimewa. terlepas dari bentuknya yang tetap mengikuti alur kabin yang mengalir kaku, terdapat fitur ekstensi khusus yang dapat dipanjangkan, menambah fungsi lebih bagi kendaraan ini.

Di bawah kapnya, Santa Cruz Crossover menampilkan penggerak diesel turbo 2.0-liter yang mengantarkan 190 dk dan torsi 300 lb-ft. Tenaganya disalurkan melalui empat roda dan pabrikan mengklaim bila kombinasi ini cukup baik mencapai 30 mpg di jalan raya.

“Santa Cruz ditujukan bagi mereka yang berkembang dan mengejar dunia secara berbeda. Sebuah pikap crossover yang memenuhi kebutuhan para Urban adventurers,” jelas Hyundai sekali lagi menegaskan.