Mobil bertenaga listrik diramalkan akan mendominasi jalanan kota-kota besar di masa mendatang. Honda sebagai produsen mobil massal yang ‘melek’ teknologi, tak ketinggalan untuk ikut meramaikan pasaran mobil listrik di masa mendatang dengan memulai pengembangan Electric Vehicle (EV) dari sekarang.

Di India, Honda sedang mengembangkan sebuah mobil bertenaga listrik produksi massal yang mengambil basis dari Honda Brio. Hatchback mungil tersebut  memang punya keunggulan basis (platform) yang mudah disesuaikan untuk kebutuhan mobil penumpang di Asia.

Kabar ini semakin santer setelah pihak prinsipal Honda di Jepang punya rencana untuk membangun fasilitas perakitan baterai lithium ion di India. Artinya bukan tak mungkin kedepannya India akan menjadi basis produksi mobil listrik Honda untuk pasar Asia, selain Jepang.

Pembuatan mobil listrik berbasis Honda Brio ini juga selaras dengan rencana Honda secara Global yang akan menelurkan varian listrik untuk Honda Brio generasi berikutnya. Kemungkinan, varian Honda Brio bemesin listrik ini akan mulai megaspal di tahun 2020 mendatang, karena di tahun tersebut produk bertenaga listrik yang sedang dikembangkan sekarang akan memasuki pasar.