Indonesia Diecast Expo (IDE) akan dihelat pada 29 November sampai dengan 3 Desember 2020 mendatang. Digelar dengan konsep Hybrid Format, IDE 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung di Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast. Yang menarik pada tahun ini, kompetisi balap (IDE Live Race Competition) akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Sementara itu, keseruan gelaran diecast ini bahkan akan lebih istimewa dengan keadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman. Yang istimewa dari program temu virtual ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Serunya, setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

“Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia,” kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.

Sejak pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren peningkatan. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.815 orang pengunjung di tahun 2019. Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, Jun Imai pada 2018 dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

“Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo (IDE) sebelumnya yang telah berlangsung selama enam tahun berturut-turut menjadi pembuktian bahwa gelaran ini merupakan tolak ukur industri diecast Tanah Air. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” pungkas Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020.

Dalam perjalanan menyambut acara puncak IDE 2020, telah dilakukan kegiatan virtual “Road to IDE 2020”, diantaranya IDE Talks, yaitu live podcast bersama para komunitas diecast Tanah Air dan aksi amal untuk membantu pihak yang terdampak pandemi Covid-19 bersama Gerakan Indonesia Kuat.