Setelah menghadirkan kesuksesan dalam enam kali penyelenggaraan di Tanah Air, Indonesia Diecast Expo (IDE) harus menerima kenyataan dalam menggelar pameran berkonsep baru. Di tengah kondisi pandemi yang menuntut tatanan kehidupan baru atau New Normal, gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) akan hadir ketujuh kalinya pada tahun ini dengan mengusung konsep hybrid, yaitu penggabungan antara konsep event online dan offline.

Dihelat pada 29 November – 3 Desember 2020, IDE Hybrid Format 2020 didukung penuh oleh Tokopedia sebagai platform marketplace dan Hot Wheels Indonesia yang akan menghadirkan desainer Hot Wheels kenamaan, Phil Riehlman.

“Melalui konsep hybrid, IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi  dan perubahan seperti sekarang ini. Konsep baru ini juga menjadi bukti bahwa IDE – pagelaran diecast yang berhasil membentuk ekosistem diecast di Indonesia – juga adalah sebuah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada,” papar Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020.

Dilangsungkan selama lima hari, IDE akan menghadirkan program andalan yaitu Toys Crazy Sale (TCS) dengan menggandeng Tokopedia sebagai platform jual-beli daring. Melalui TCS, IDE dan Tokopedia beserta merchant yang berpartisipasi dalam program ini akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

Kolaborasi IDE dan Tokopedia – yang merupakan dua karya buatan anak bangsa – berupaya memberikan kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka. Sementara itu, pemanfaatan Tokopedia Play sebagai sarana video livestream akan menjadi keuungulan tersendiri guna menawarkan produk secara interaktif. Dan, melalui TCS ini pegiat usaha juga diharapkan dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah kondisi pandemi seperti ini.