Diecast tak melulu soal bagaimana memiliki sebuah mainan yang collectible items dan mengumpulkan varian lainnya hingga lengkap. Adanya minat yang sama terhadap satu diecast baik itu merek mobil, skala ukuran ataupun produsen, terciptalah hadirnya sebuah komunitas diecast dengan minat khusus.

Di Indonesia Diecast Expo 2017, Sabtu-Minggu 28-29 Oktober lalu,  banyak komunitas diecast hadir menyemarakkan acara yang digelar di Balai Kartini Jakarta. Beberapa diantaranya adalah komunitas diecast semerek, seperti yang Thegaspolcom sambangi, yakni Indonesia Diecast Jeep Lovers.

Komunitas diecast penggemar merek Jeep ini memang bisa dibilang masih seumur jagung. Dicetuskan oleh beberapa personal-personal penggemar diecast Jeep, IDJL resmi didirikan medio April 2016 lalu. Hingga kini, komunitas diecast khusus penggemar Jeep yang berbasis di Jakarta ini sudah memiliki sekitar 200 anggota aktif yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Willy Subagyo, seorang diecaster dari IDJL yang sempat Thegaspolcom temui di pameran IDE 2017 kemarin menyebutkan, bahwa komunitas ini tak membatasi soal skala maupun manufaktur pembuat diecast Jeep yang dimiliki. Selama masih berbentuk mobil skala bermerek Jeep, semua bisa bergabung di Indonesia Diecast Jeep Lovers. Bagi kami ini mirip seperti slogan pabrikan mobil asal Toledo, Amerika Serikat tersebut yang berbunyi “There’s Only One Jeep”

Meski tak semua anggota member IDJL bisa hadir di pameran IDE 2017 kemarin akibat berhalangan, namun tak menyurutkan semangat para anggota lain yang hadir untuk mempercantik tampilan booth yang menjadi identitas komunitas ini. Berbagai macam mobil Jeep dari skala 1:64 hingga skala 1:18 ada di booth ini. Tak lupa sebuah diorama berbentuk perbukitan juga hadir untuk semakin mengentalkan kesan petualangan sebuah Jeep.

Diluar kumpul-kumpul dan membahas diecast, komunitas penggemar diecast Jeep ini juga memiliki kegiatan lain yang tak kalah seru, yakni fotografi diecast. Dengan menggunakan teknik khusus, para anggota komunitas IDJL ini seolah beradu ketrampilan membuat foto diecast Jeep-nya serealistis mungkin.

Beberapa hasil jepretan terbaik dari para anggota komunitas IDJL ini kemudian akan mewarnai sebuah postingan dengan konten bermutu untuk di halaman sosial media masing-masing anggotanya dan halaman official Indonesia Diecast Jeep Lovers.