Akhir pekan lalu jadi hari yang sangat spesial bagi komunitas Indonesia Starlet Club (ISC) yang sukses menggelar Jambore Nasional (Jamnas) di Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (2/12). Digelar sehari penuh mulai pukul 08:00 hingga 20:00, Jamnas ISC ini menjadi semarak berkat dihadiri oleh lebih dari 300 peserta.

Indonesia Starlet Club sendiri resmi berdiri pada 22 Februari 1995 lalu. Sebagai komunitas pelestari sebuah hatchback ikonik dari Toyota ini, eksistensi ISC sudah tak perlu diragukan. Selama 22 tahun, komunitas ini masih aktif berdiri mencegah kepunahan populasi Toyota Starlet di tanah air.

Tak mudah memang bagi ISC yang memiliki anggota komunitas yang tersebar di seantero Indonesia untuk menggelar sebuah gelaran berlabel Jambore Nasional. Namun berkat peran serta dan usaha yang dilakukan oleh para anggotanya yang ingin membuktikan eksistensi ISC, komunitas ini berhasil membukukan sebuah catatan baru keberhasilannya menggelar Jambore Nasional kedua di tahun 2017 ini, setelah Jamnas pertamanya di 2001 lalu di Bandung.

Pihak penyelenggara Jambore Nasional Indonesia Starlet Club mencatat, gelaran ini menampilkan lebih dari 200 unit Toyota Starlet dari berbagai tahun produksi baik yang dijual umum maupun diimpor sendiri oleh penggunanya dari 30 chapter yang ada di Indonesia. Peserta terjauh, tercatat hadir dari Pekanbaru yang sengaja datang untuk membuktikan kecintaannya pada Toyota Starlet dan komunitas ISC.

Sebuah harapan pun datang dari Arie Arkum yang menjadi Ketua Umum Indonesia Starlet Club saat Jambore Nasional berlangsung. Ia bercita-cita ingin kegiatan serupa (Jamnas) akan terus berkelanjutan di masa depan dan dapat digelar secara rutin. Karena menurutnya, melalui sebuah kegiatan Jamnas seperti ini, eksistensi ISC dan Toyota Starlet sendiri akan tetap terjaga di Indonesia.