Pecah. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan rangkaian gelaran gathering Indonesian Civic Estilo (ICE) yang diberi nama ICEplore, di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu 21 September 2019. Ini adalah kali pertamanya setelah komunitas ini berdiri dua tahun lalu, mengadakan kumpul-kumpul nasional untuk para anggotanya di seluruh Indonesia.

Mengambil tajuk ICEplore Bali, first annual meet ini dihadiri oleh 77 mobil dan 275 orang para member Indonesian Civic Estilo dari berbagai provinsi beserta keluarga, diantaranya Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Menuju lokasi acara inti, yakni di kawasan GWK Bali, seluruh Honda Civic Estilo ini melakukan city touring untuk mengeksplorasi tempat wisata yang ada di Bali. Pantai Kuta, menjadi tujuan pertama rombongan 77 unit Honda Estilo ini, kawasan yang ramai ini memang sengaja dipilih untuk menunjukan “gigi” komunitas ini kepada masyarakat Bali.

Selepas meninggalkan kawasan Pantai Kuta, rombongan ICE lanjut bertolak ke Pantai Melasti, Jimbaran Bali sebelum menuju lokasi akhir ke GWK. Lahan parkir yang luas, jelanan dengan pemandangan yang eksotik menjadi alasan lokasi ini dipilih untuk dihampiri sekaligus pembuatan dokumentasi perjalanan.

Bali memang kerap jadi destinasi wisata bagi para anggota komunitas roda dua maupun empat, namun sepanjang catatan kami, rasanya baru kali ini Bali jalanan disesaki dengan puluhan unit Honda Civic Estilo dengan berbagai warna.

Terbukti saat rombongan melakukan rangkaian kegiatan touring dari titik start Hotel Harris Convention Sunset Road hingga ke GWK, banyak mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar maupun wisatawan yang melihatnya.

Menurut Franklin, Ketua Umum Indonesian Civic Estilo, jumlah ini (77 mobil) semestinya bisa bertambah lagi. Ia menjelaskan banyaknya anggota yang batal hadir dengan membawa Honda Civic Estilo-nya dikarenakan mobil belum beres di restorasi.

Acara puncak, awarding dan pembagian doorprize jadi yang paling ditunggu. Sepasang mesin B18C Type R dan B16A dari para sponso jadi hadiah paling utama untuk para peserta yang hadir.

Silain diramaikan oleh puluhan unit Honda Civic Estilo dari berbagai warna dan gaya modifikasi, ICEplore Bali 2019 juga dihadiri oleh 23 komunitas mobil lokal Bali.