Pameran sepeda motor terbesar tanah air, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) kembali digelar tahun ini. Ajang eksebisi yang digelar oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini akan diselenggarakan pada 2-6 November 2016 mendatang di Jakarta Convention Centre (JCC).

Lebih dari 30-an merek industri pendukung dan aksesori roda dua, ambil bagian pada pameran dua tahunan ini. Diantaranya Astra Otoparts, TDR, Bosch, Ferrox dan merek-merek pelumas seperti Evalube, Idemitsu dan Pertamina Lubricants yang bertindak sebagai sponsor utama gelaran ini.

Lima merek sepeda motor yang tercatat sebagai anggota AISI, dipastikan hadir pada IMOS 2016. Seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS. Sedangkan untuk sepeda motor impor yang bukan anggota dari AISI juga akan menyemarakkan IMOS 2016, diantaranya BMW Motororad dan KTM.

Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata menyebutkan meskipun semester kedua tahun ini pasar sepeda motor masih menurun, namun sesungguhnya AIS masih optimis akan pulihnya pasar roda dua di Indonesia seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut Gunadi menambahkan IMOS 2016 akan menjadi ajang bagi pelaku industri sepeda motor Indonesia untuk berkompetisi secara sehat. Harapannya IMOS akan menjadi wadah bagi para komunitas industri sepeda motor untuk menjalin hubungan antarkomunitas sekaligus mendorong industri sepeda motor nasional.

Hingga kini, Indonesia tercatat sebagai negara ketiga terbesar dengan pasar sepeda motor terbanyak di dunia setelah Cina dan India. Industri ini memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional melalui penciptaan dan penyerapan lapangan kerja.