Menjaga ban agar tetap berfungsi maksimal sebagai penyelaras kecepatan dan andalan fungsi pengereman membutuhkan 5 hal yang mudah namun seringkali malah diabaikan. Ketika kondisi ban gundul tidak merata, lebih cepat aus dan seringnya ban kempes karena kondisi jalan, semua itu dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Nah untuk para pengendara mobil, berikut tips dari TheGaspol untuk menjaga umur ban mobil Anda tetap awet meskipun telah dipakai rutin harian.

Menjaga Tekanan Udara Yang Tepat Pada Ban

Kekurangan tekanan angin merupakan hal terburuk yang bisa terjadi pada ban Anda. Hal ini menyebabkan peningkatan keausan pada tepi luar telapak ban (atau bahu). Selain itu, juga dapat menghasilkan panas berlebihan yang mengurangi daya tahan ban. Di sisi lain, kelebihan tekanan menyebabkan distribusi berat tidak merata di dalam kendaraan sehingga menyebabkan kerusakan lebih cepat dan keausan tidak merata, juga memperpendek umur ban Anda.

Lakukan balancing dan alignment

Memiliki ban yang seimbang dan selaras dengan kendaraan merupakan hal penting bagi keselamatan pengemudi dan umur pakai ban. Ban harus diseimbangkan kembali ketika terasa ada getaran atau liukan di luar kebiasaan, yang seringkali menyebabkan kelelahan dalam mengemudi disamping kemungkinan menimbulkan keausan pada ban. Lakukan balancing setidaknya sekali setahun. Semua upaya dan investasi yang Anda lakukan untuk menjaga keselarasan dan keseimbangan ban akan terlihat pada jarak tempuh suatu ban, kinerja dan kenyamanan Anda saat mengemudi.

Lakukan Inspeksi Visual Secara Berkala

Periksalah bagian telapak ban Anda secara kasat mata, periksa apakah ada benda tajam yang mungkin telah menusuk ban Anda, sekalipun tidak cukup dalam untuk membuat kempes secara langsung. Keretakan pada ban yang disebabkan oleh tusukan kecil juga dapat memperburuk masalah.

Lakukan Perbaikan Secara Langsung

Anda harus mengetahui kapan ban harus diperbaiki dan diganti. Jika ban kehilangan tekanan udara, maka ban tersebut harus dikeluarkan dari roda untuk pemeriksaan internal yang lengkap sehingga dapat memastikan ban tersebut tidak rusak. Ban yang berjalan dengan keadaan kempis walaupun di jarak yang pendek akan lebih susah untuk diperbaiki dan kemungkinan dikenakan biaya yang lebih besar dari dugaan Anda. Perbaikan ban juga harus ditangani oleh professional yang terlatih.

Belilah ban yang berkualitas baik

Kualitas ban yang baik dan tahan lama adalah salah satu pilihan terbaik untuk menghemat pemakaian ban dalam jangka panjang. Tidak apa – apa membeli ban yang berkualitas dengan harga sedikit lebih mahal, karena peran ban di dalam kendaraan adalah sangat vital demi keselamatan Anda.

Semoga 5 tips di atas dapat bermanfaat dan bisa diterapkan dengan benar agar membuat umur pakai ban mobil Anda lebih lama. Selamat mencoba.