Ingin lebih berkonsentrasi terhadap bisnisnya di 2017 mendatang, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia akan membelah diri. Nantinya Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan memiliki masing-masing perusahaan yang akan mengatur operasional dan bisnisnya.

Bisa jadi langkah ini dilakukan Mitsubishi untuk mempersiapkan agenda besar peluncuran low MPV hasil rakitan pabrik barunya di Delta Mas, CIkarang. Pasalnya, jika tak ada perubahan rencana, dijadwalkan April 2017 mendatang proyek low MPV ini akan memasuki masa perakitan dan siap diedarkan mulai Oktober tahun depan.

Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT KTB menyebutkan, rencana perubahan struktur bisnis ini didorong oleh permintaan pihak prinsipal untuk memperluas bisnis kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

“Saat ini pasar otomotif Indonesia tumbuh dengan cepat. Menurut penelitian tim kami, hasil yang optimal akan tercapai melalui pembagian operasional bisnis, seperti yang kami rencanakan,” ungkapnya saat ditemui.

KTB sendiri resmi didirikan pada 1970 silam. Hingga kini, KTB menjadi satu-satunya perusahaan yang memegang operasional penuh atas kendaraan komersil Mitsubishi dan Fuso melalui Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk kendaraan penumpang dan Light Commercial Vehicle (LCV) seperti L300 dan Mitsubishi Colt T120SS.

Kedepannya,  bisnis manufaktur (perakitan) untuk MMC (kendaraan penumpang dan komersil ringan) akan menjadi tanggung jawab PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Selanjutnya, khusus bisnis distribusi MMC (import dan penjualan) akan dialihkan ke perusahaan baru yang sedang dipersiapkan.

Sementara KTB hanya akan berkonsentrasi terhadap manufaktur (perakitan) dan distributor (penjualan) untuk kendaraan komersil berat, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

Adanya perubahan struktural bisnis yang dilakukan Mitsubishi di Indonesia, tak akan mempengaruhi layanan purnajual dan tanggung jawab Mitsubishi terhadap konsumen setia pengguna kendaraan berlogo tiga berlian ini.

“Mitsubishi memiliki tujuan untuk terus berkembang dan memperluas produk dan layanan dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini tentunya diperuntukan bagi masyarakat Indonesia konsumen setia kendaraan Mitsubishi,” tambah Ishimaki.