Toyota All New Sienta pertama kali diperkenalkan saat digelarnya Indonesia International Motor Show, Maret 2016 silam. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia menyebut MPV seven seater ini sebagai Multi –Active Vehicle. Yaitu konsep baru sebuah kendaraan dengan desain modern yang fungsional untuk kegiatan setiap hari.

Sejatinya, Toyota Sienta sendiri memulai debut dunianya pada September 2003 lalu di Jepang. Nama Sienta dipilih bukan tanpa arti. Sienta merupakan gabungan dari dua kata yang memiliki makna berbeda. Siete (Si) yang berarti tujuh dalam bahasa Spanyol dan Entateinmento (Enta) yang bermakna hiburan dalam bahasa Jepang.

Chief Engineer Toyota Sienta, Hiroshi Kayukawa mengatakan, dua filosofi tersebut yang mewakili dipilihnya nama Sienta. Tujuh bisa diartikan kapasitasnya dalam mengangkut tujuh penumpang dengan konsep bertabur fitur entertainment yang dapat memanjakan seluruh isi kabin, ungkapnya di Jakarta, Selasa (26/7).

Sementara itu, pria enerjik ini menambahkan, ide awal soal rancangan awal Toyota Sienta berasal dari sebuah sepatu olahraga tracking. Karena merefleksikan sebuah sportivitas dan fun (kesenangan) saat melakukan kegiatan tersebut. “Selain itu pelaku olahraga tersebut biasanya datang dari rentang usia yang lebih muda sesuai dengan target pemasaran Sienta ,” pungkas Kayukawa.

Saat ini TAM sedang disibukan untuk proses delivery sebanyak 2.000 unit Toyota All New Sienta ke tangan konsumen. Sejak pertama kali diluncurkan dan dipasarkan empat bulan silam, MPV seven seater dengan pintu geser ini telah mencapai daftar pemesan sebanyak 2.800 unit.