Walau mungkin Anda punya banyak pasang sepatu kulit tapi pasti ada satu yang jadi favorit. Anda mejadikannya sepatu andalan untuk tampil di berbagai kesempatan termasuk saat rolling thunder.

Yang perlu diingat, walau tak pernah digunakan sekalipun sepatu kulit tetap butuh perawatan. Apalagi kalau Anda sering menggunakannya untuk riding.

Nyatanya, untuk membersihkan sepatu yang harganya tak jarang menembus jutaan rupiah ini, kita tak bisa sembarang. Nah, ini cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi sepatu kulit sehabis dipakai bermotor.

Bersihkan

Pertama, gelar koran. Bukan apa-apa, cuma untuk menadahi kotoran yang akan jatuh membasahi lantai. Ini berlaku bagi kita yang tak bisa melakukan “ritual” ini di dalam kamar mandi.

Lalu, masukkan sponge ke dalam air sampai basah sedikit dan mulailah membersihkan bagian-bagian yang luas lebih dulu. Kita bisa melanjutkannya sampai bagian yang lebih detail.

Setelah dirasa bersih, simpan di tempat kering bertemperatur kamar. Walau bisa mempercepat pengeringan, hindari penggunaan panas berlebih karena bisa membuat kulit cepat rusak.

Manfaatkan Pelembab Sepatu

Kami juga baru tahu bahwa sepatu kulit butuh proses pengkondisian untuk menjaganya pada kondisi terbaik. Proses ini berbeda dengan menyemir. Dengan memanfaatkan produk conditioner yang banyak dijual di gerai produk kulit, kita bisa melindungi sepatu kesayangan dari gejala kulit pecah-pecah.

Setelah mendapatkan conditioner dimaksud, kita bisa memulai pengkodisian dengan memanfaatkan kain yang lembut. Aplikasikan conditioner tersebut pada kulit sepatu secara tipis dengan gerakan memutar.

Agar efisien, kita bisa memprioritaskan bagian kulit sepatu yang kering pada saat mengaplikasikan conditioner.

Menyemir

Sekedar mengingatkan, pastikan kita memilih warna polish yang senada dengan kulit sepatu kita. Seperti pengaplikasian conditioner, ada baiknya menggunakan semir secara tipis lebih dulu dipadu tekanan sedang untuk menciptakan lapisan yang merata. Untuk hasil yang maksimal, kita bisa memilih wax-based polish.