PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah resmi meluncurkan All New Pajero Sport  hari ini (29/01) di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat. Kehadirannya telah lama ditunggu – tunggu para pecinta SUV tanah air. Melihat peluang yang begitu besar, KTB pun langsung memfasilitasi calon konsumennya dengan cara booking online. Terbukti, dari 10 hari booking melalui situs www.explore-pajerosport.com yang  dapat diakses sejak 18 Januari 2016 lalu, hingga kini KTB telah mengantongi total 1.027 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk pemesanan All New Pajero Sport.

Sejatinya mobil ini hadir ke pasar mid-size SUV di Indonesia dalam empat varian yaitu, Dakar 4×4, Dakar 4×2 A/T, Exceed 4×2 A/T dan GLX 4×4 MT. Namun, pada peluncurannya kali ini sosok Dakar masih menjadi magnet yang paling menyita ribuan pasang mata saat perkenalannya tadi. Meskipun harganya mencapai Rp 623 juta untuk varian tertinggi dan Rp 496 untuk tipe Dakar 4×2, nyatanya keduanya telah menyumbang 90% unit dari total SPK.

Kami pun bergerak cepat untuk mencari tau apa saja yang menjadi keunggulan varian All New Pajero Sport Dakar. Bahkan, varian tertinggi Dakar 4×4 yang baru dirilis pagi tadi memiliki selisih harga Rp 177 juta dengan tipe terendah Exceed 4×2 yang dibanderol Rp 446 juta.

Jumlah SPK All New Pajero Sport

Eksterior

Model terbaru sudah mengadopsi desain dynamic shield  yang telah menjadi identitas baru dalam kendaraan mobil penumpang Mitsubishi. Model ini menunjukan kesan stylish dan futuristik. Bagian belakang  kini telah dilengkapi lampu LED dengan desain terbaru. Pindah ke bagian depan, khusus tipe Dakar telah dilengkapi fitur Daytime Running Light & Auto Levelling. Selain itu, tipe ini juga menggunakan Headlamp Washer yang dapat menjaga kualitas pencahayaan pada lampu depan.

Menoleh ke bawah, kita dapat menemukan velg alloy dua warna berukuran 18 inci yang diaplikasikan oleh tipe Dakar, untuk tipe Exceed dan GLX hanya dilengkapi velg berukuran 16 inci.

Interior

Para konsumen pasti telah mendambakan kualitas kabin terbaik kala membeli SUV dengan kisaran harga diatas 400 jutaan. Tenang dulu, bagian ini adalah salah satu yang paling banyak dibenahi oleh Mitsubishi demi menghadirkan tampilan yang lebih elegan, nyaman dan memberikan efek kepuasan berkendara. Dimulai dengan desain baru High Console & T-Shapes yang terkesan mewah dan sporty. Bagian lingkar kemudi tetap menggunakan model 4-spoke yang telah dilengkapi dengan Tilt & telescopic steering.

Fitur lainnya yang membedakan tipe Dakar dengan Exceed ataupun GLX adalah penggunaan sunroof, bagian head unit juga telah menggunakan model premium entertainment system dengan navigasi, tipe Dakar juga dipersenjatai dengan kursi berlapis kulit yang memiliki kesenyapan kabin ekstra. Sementara itu, styling meter cluster dengan high contrast multi information display (MID) dapat mempermudah pengemudi dalam melihat informasi seputar mobil.

Ingin memiliki posisi duduk terbaik saat berkendara? Tipe Dakar juga telah dilengkapi dengan driver power seat adjuster dengan sistem kontrol elektrik 8 arah penyetelan, sehingga membuat pengemudi menemukan posisi ternyaman dalam mengendarai Pajero.

Mesin

Inilah bagian yang sangat membedakan tipe Dakar dengan tipe lainnya pada Pajero. Mesin terbaru terasa lebih bertenaga dan memiliki akselerasi prima. Pada sektor ini, perakit pajero telah mempercayakan mesin diesel 4N15 MIVEC with VGT – Intercooler, hasilnya Dakar memiliki tenaga maksimal mencapai 179 Hp yang dapat diraih pada rpm 3.500, selain itu torsi puncak yang diraih menyentuh angka 430 Nm di 2.500 rpm.

Bandingkan dengan tipe Exceed dan GLX yang dipersenjatai mesin model lama 4D56 2.5-liter Dl Commonrail dengan tenaga maksimal 133 Hp dan torsi puncak 324 Nm.