Terletak di 2.757m dpl, menjadikan jalanan ini sebagai jalan raya tertiggi di Eastern Alps. Memisahkan South Tyrol dan provinsi Sondorio, Italia, jalan berjuluk ‘Three Language Peak’, Stelvio Pass ini menawarkan sensasi tersendiri bagi para pengendara yang melintasinya.

Jeremy Clarkson, mantan salah satu presenter Top Gear menobatkan jalanan ini sebagai ‘the greatest driving road in the world.’ Tak heran memang, para pembesut sports car pasti dibuat gatal untuk menjajal kemampuan tunggangannya.

Jalanan ini dibangun oleh pemerintah Austria pada 1820 – 1825 dengan tujuan untuk menghubungkan provinsi Lombardia dengan wilayah Austria lainnya. Konsepnya adalah jalanan beraspal membelah bukit dengan konstruksi berkelok untuk mengurangi sudut menanjak.

Terciptalah tikungan-tikungan tajam yang saat ini begitu digemari oleh penggemar otomotif yang berasal dari Austria, Italia, dan Jerman. Walau begitu jalanan ini tidak selamanya menyenangkan bagi yang ingin menjajal kecepatan.

Karena saat hari libur jalanan ini akan dipenuhi bus-bus para turis yang berjalan dengan kecepatan rendah. Belum lagi ditambah pemotor dan pesepeda yang juga melancong ke tempat ini. Tapi ya wajar, toh memang bukan sirkuit untuk balapan.