Di awal 2016 ikon kelas sport compact Golf GTI akan merayakan anniversary ke-40. Untuk menyambutnya pabrikan Jerman itu meluncurkan edisi spesial Volkswagen Golf GTI Clubsport. Melanjutkan tradisi model spesial Golf GTI, seperti yang diluncurkan juga pada anniversary ke-20, 25, 30, dan 35 tahun.

Dengan menjunjung tinggi kodrat Golf GTI sebagai sports campact, Volkswagen membenamkan mesin yang lebih bertenaga. Bahkan jika dibandingkan dengan kasta tertinggi Golf GTI saat ini.

Golf GTI Clubsport membawa mesin turbocharged direct-injection yang mampu menyemburkan output hingga 195 kW / 265 PS. Lebih besar 35 PS dibanding Golf GTI paling kencang sekarang.

Belum lagi, Golf GTI Clubsport juga dilengkapi boost function yang bisa menghentakkan mobil ini dengan tambahan power sebanyak 10%. Jika ditotal golf GTI Clubsport punya tenaga hingga 290 PS.

Menurut situs NetCarShow, tambahan tenaga itu bisa diaktifkan dengan mudah. Cukup menginjak pedal gas lebih dalam. Yang lantas melesatkan mobil ini hingga 100 km perjam hanya dalam 6,0 detik. Bahkan, catatan waktu lebih cepat ditorehkan oleh Golf GTI Clubsport versi gearbox 6-percepatan dual-clutch (DSG) yang hanya butuh waktu 5,9 detik.

Dengan top-speed 250 km perjam, Golf GTI Clubsport juga efisien soal bahan bakar. Tercatat, dengan gearbox manual mobil ini hanya butuh 6,9 liter untuk menempuh 100 km. Dan saat powerditransfer ke roda depan lewat DSG didapat angka 6,7 liter untuk 100 km.