Mitsubishi Motors mulai melakukan ekspor Xpander hasil rakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Xpander (MMKI) tepat setahun setelah pabrik tersebut diresmikan. Tahun ini, Mitsubishi Motors menargetkan akan mengekspor sejumlah 30.000 unit Xpander ke berbagai negara di dunia.

Tahap pertama, Filipina menjadi negara tujuan ekspor perdana yang sudah diberangkatkan, Rabu (25/4) dari Indonesia Kendaraan Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Dalam seremoni perdana pemberangkatan ekspor, Presiden RI Ir. H Joko Widodo hadir untuk melepas 400 unit Xpander di batch pertama ke Filipina.

Selain Filipina, Mitsubishi Motors telah menargetkan beberapa negara di dunia yang menjadi tujuan ekspor MPV rakitan lokal tersebut. Diantaranya Thailand, Vietnam, Srilanka, Mesir dan Bolivia. Filipina menjadi negara tujuan ekspor perdana Mitsubishi Xpander. Sebanyak 3.000 unit Xpander dari berbagai tipe secara simultan akan dikirim ke Filipina dalam beberapa waktu mendatang, mengingat Xpander sudah resmi diluncurkan dan memiliki daftar inden di Filipina.

“Ekspor Xpander merupakan tonggak penting dalam rencana bisnis kami yang sedang berlangsung, serta lebih jauh lagi menambah kuat pondasi kami di ASEAN, yang merupakan pendorong utama pertumbuhan kami di kawasan ini,” ujar Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko.

Dalam sambutan resminya, CEO Mitsubishi Motors tersebut merasa gembira melihat perusahaan dapat berkontribusi pada pertumbuhan Indonesia.