Duta besar Swedia, Johanna Brismar Skoog hadir dalam gelaran UD Trucks Check and Drive yang digelar di Parkir Timur Senayan. Ia ikut serta mencoba mengemudikan sendiri truk Jepang rakitan lokal ini di seputaran Gelora Bung Karno, Jakarta.

Wanita yang kerap disebut ‘The Coolest Ambassador in Indonesia’ ini tak tampak kesulitan sepanjang mengoperasikan UD Trucks Quester GKE 280 tersebut. Padahal Tractor Head berdimensi besar tersebut menggunakan transmisi manual 9-percepatan.

Ia pun tampak antusias dengan kesempatan yang diberikan oleh UD Trucks ini. Tersirat wajah sumringah dari wanita yang menjabat sejak 2014 lalu di Jakarta, selepas mencoba truk berpenggerak 4×2 tersebut.

res-img_0191

“Rasanya senang sekali dapat mengemudikan truk ini. Meskipun tuas persneling sedikit keras, namun segalanya mudah dioperasikan,” tutur Johanna, Rabu (9/11) di Jakarta.

Lebih lanjut Ibu satu anak ini menyebutkan mengendarai Quester semudah mengemudikan mobil biasa. Tambah lagi posisi duduk yang tinggi memberikan kebebasan visual berkendara sehingga semua yang ada di depan mudah terlihat.

Johanna yang sepertinya terbiasa dengan kendaraan bertransmisi manual, tampak lancar mulai melepas pedal kopling Heavy Duty Truck ini dan memainkan kemudinya di area yang disediakan. Begitupun saat memutar balik di area yang tak terlalu luas, ia terlihat piawai mengatasi besarnya dimensi Quester dengan wheelbase 3.500 mm.

Menariknya, hanya Johanna lah satu-satunya peserta yang menghidupkan lampu tanda belok saat bermanuver meski di lokasi tertutup. Sementara peserta lain yang terdiri dari beberapa awak media luput dari salah satu aturan wajib berlalu-lintas tersebut.