Tanggung jawab sosial merupakan sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam kontribusinya untuk masyarakat sekitar. Sebagaimana yang dilakukan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), perusahaan pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia ini telah melakukan tanggung jawab sosialnya (Corporate Social Responsibility atau CSR) lewat bentuk pendidikan.

Melalui Program Fuso Belajar dan Menginspirasi yang merupakan salah satu pengembangan dari Fuso Vocational Education Program (FUSO-VEP), Mitsubishi Fuso memberikan donasi berupa unit Truk Colt Diesel dan pelatihan dasar otomotif bersertifikat pada para siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal tersebut dilakukan Fuso sebagai kontibusi nyata untuk membekali para angkatan muda Sumber Daya Manusia tingkat awal untuk sip menghadapi dunia kerja di bidang industri.

Program yang sudah dimulai sejak kuartal terakhir tahun lalu ini sudah menyambangi belasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tanah air. Mulai Medan, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Makassar, Malang, Bandung dan Jakarta.

Donny Hermawan, Head of Public Relation and Corporate Social Responsibility Departement PT KTB menyebutkan, program ini masih akan terus berlangsung mengingat banyak hal positif yang bisa mereka (para siswa) dapatkan. Diantaranya sertifikasi yang menandakan mereka telah terkualifikasi soal pendidikan teknik untuk bidang otomotif dari Mitsubishi Fuso.

“Untuk para siswa yang berprestasi, kami juga akan merekomendasikan mereka bila ingin bergabung dengan Mitsubishi Fuso melalui dealer-dealer setempat. Artinya mereka akan diprioritaskan dari peserta lain yang ingin bergabung dengan kami,” jelas Donny lebih lengkap.

Mitsubishi Fuso juga tak sembarangan dalam memilih sekolah kejuruan mana yang akan mendapat perhatian khusus ini dalam rangka kegiatan CSR-nya. Mereka punya tim khusus yang bakal mengkurasi sekolah-sekolah kejuruan di daerah untuk kegiatan Fuso Vocational Education Program (FUSO-VEP).