Lexus punya cara tersendiri dalam membuat nomenklatur atau penamaan di masing-masing modelnya. Hal ini dilakukan untuk menandai atau sebagai identitas dari modelnya mulai dari yang entry level atau paling bawah, hingga yang termahal atau flagship.

Penandaan model ini sudah dilakukan sejak perusahaan berdiri tahun 1989 silam di Nagoya Jepang. Saat itu model LS400 sebagai sedan mewah berdimensi besar punya pamor yang cukup baik di Amerika Serikat atau di negara asalnya, Jepang.

Seperti apa nomenklatur yang digunakan Lexus untuk menandai model-modelnya, simak berikut ini.

F: Fuji Speedway

Kode F atau F-Sport biasanya ditambahkan dibelakang kode model utama. Misalnya GS F atau GS F-Sport. Hal ini menadakan bahwa mobil tersebut punya spesifikasi berperforma tinggi yang telah lulus uji di sirkuit Fuji Speedway, Jepang.

LS: Luxury Sedan

Ini adalah model flagship atau sedan termahal yang dimiliki Lexus. Sebagai sedan mewah, model ini biasa dipakai oleh petinggi pemerintahan atau business owner. Ada opsi wheelbase yang lebih panjang di model ini, contohnya LS 500L.

GS: Grand Sedan

GS menjadi varian sedan empat pintu kelas menengah yang dimiliki Lexus dengan spesifikasi jalanan. Mobil ini biasanya bersanding dengan Mercedes-Benz E Class ataupun BMW Seri 5.

 

IS: Intelligent Sports

Kalau yang ini, merupakan sedan empat pintu berdimensi kecil dari Lexus namun punya gaya berkendara yang sportif. Biasanya selain gaya berkendara yang sportif, sedan ini juga punya performa yang cukup baik di lintasan aspal.

LF : Luxury F

Sebagaimana model F, Lexus LF merupakan coupe Lexus yang paling bertenaga. Model awal, Lexus meluncurkan LFA yang hadir di 2010 lalu. Model ini berlanjut hingga LF-LC yang bertenaga besar, namun mewah.

LC: Luxury Coupe

Lexus LC termasuk dalam jajaran flagship untuk model coupe. Lexus menyebutnya sebagai world class prestige luxury coupe. Maka tak heran meski bergenre sportif, namun mobil ini dibuat dari bahan-bahan premium untuk menjaga kemewahannya.

RC : Radical Coupe

Coupe yang satu ini merupakan pengembangan dari model IS yang dibuat dengan body yang lebih kompak. Meski berdimensi yang sedikit kecil dari model LC, namun jangan remehkan performanya. Lexus menggambarkan model ini sebagai delivers high-tech in high style.