Mengikuti tren perkembangan teknologi yang semakin “hijau”, Mercedes-Benz tidak hanya mengaplikasikan penggunaan tenaga listrik untuk produk B-Class saja. Tapi, kini mereka juga punya perangkat energy storage yang bisa digunakan untuk menyuplai kebutuhan energi rumah tangga.

Menurut siaran resminya, pada Selasa (9/5/2015), energy storage tersebut dilengkapi dengan enam modul baterai yang masing-masing mampu menyimpan punya kapasitas 2.5 kWh.

Desainnya sederhana namun terlihat begitu futuristik. Dengan bentuk memanjang dibalut warna silver beraksen biru. Terdapat logo three-pointed star di atasnya. Daimler AG menyakini perangkatnya tersebut telah memenuhi standar keamanan dan kualitas yang tinggi.

Proses pembuatan perangkat yang belum dibocorkan namanya tersebut dipercayakan pada unit bisnis Daimler AG, Deutsche ACCUMOTIVE. Rencananya perangkat tersebut akan benar-benar menampakkan diri di ajang Intersolar trade-fair di Munchen, Jerman, 10-12 Juni 2015 mendatang.

Perangkat ini diharapkan mampu berkontribusi pada transisi penggunaan energi solar menjadi energi listrik yang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya pada skala rumah tangga, Daimler AG pun sedang menyiapkan perangkat serupa untuk penggunaan pada level perusahaan.

Deutshe ACCUMOTIVE sendiri merupakan perusahaan di balik teknologi baterai lithium-ion pada mobil Smart. Dinyatakan pula dalam rilisnya, tidak menutup kemungkinan energy storage ini dipasarkan secara global. Tergantung pada ketersediaan pihak yang menjadi penyalur.