Tak jarang kita berpergian dengan mengemudikan mobil pribadi yang bukan milik sendiri. Misalnya mobil sewaan, mobil perusahaan tempat kita bekerja atau melakukan perjalanan keluar kota dengan kawan yang menggunakan mobilnya.

Kebingungan kerap melanda saat tiba waktunya harus mengisi tanki bahan bakar yang mulai menyusut. Sebelah mana posisi inlet tanki bahan bakarnya, agar tepat mengambil jalur antrian pengisian di Stasiun Pengisian Bahan-bakar Umum (SPBU).

img_1026

Usah bingung. Karena tanpa disadari oleh sebagian orang, pabrikan telah memberikan ‘kode’ untuk memudahkan seluruh pengendara mobil produksinya.

Tanda ini dapat dilihat dari sebuah panah kecil di dekat lambang indikator bensin pada panel instrumen di mobil Anda. Jika panah mengarah ke kanan, maka lubang tanki pengisian BBM ada di sisi pengemudi. Sebaliknya jika panah menghadap kiri, artinya lubang pengisian tanki ada di sisi penumpang.

img_9463

Meski belum jelas siapa pabrikan yang mempionirkan tanda ini pada indikator panel speedometer, namun tanda ini sudah terdapat di mobil-mobil modern sejak lansiran 1990-an. Seperti pada Mercedes-Benz W124 dan W210 hingga kemudian diikuti oleh mobil lansiran Jepang mulai 2000-an seperti Toyota Camry, Toyota Avanza generasi pertama dan Suzuki APV.

Kendati demikian, bagi mobil yang tak dilengkapi dengan panah penanda di indikator bahan bakarnya usah jadi bingung. Pabrikan juga memberikan ciri khusus pada meter speedometer cluster secara keseluruhan.

img_9461

Biasanya indikator level bahan bakar pada tanki umumnya bersanding dekat indikator temperatur mesin. Perhatikan posisinya, jika meter indikator bahan bakar berada di sebelah kiri atau berada diatas penunjuk temperatur, artinya mulut tanki pengisian bahan bakar mobil yang Anda gunakan berada di sisi kiri atau sisi penumpang. Sebaliknya jika posisi level penunjuk bahan bakar berada di kanan atau dibawah, tandanya lubang pengisian tanki BBM ada di sebelah kanan atau sisi pengemudi.

Jadi jangan bingung lagi saat ingin antri di SPBU kala ingin mengisi BBM pada tanki.