Selain mengusung panel body kit yang membuat tampilannya lebih maskulin, Toyota New Yaris Heykers juga memiliki ground clearance lebih tinggi 35 mm dari varian Yaris lainnya berkat penggunaan suspensi racikan Toyota Racing Development (TRD) Indonesia. Varian tertinggi dari hatchback lansiran PT Toyota Astra Motor (TAM) ini resmi diluncurkan Kamis (3/11) lalu di Jakarta.

Toyota New Yaris Heykers, murni merupakan hasil pengembangan dari divisi Product Planning and Development TAM di Indonesia. Seluruh rancang bangun mulai desain dan penggunaan peranti body kit pilihan hingga suspensi merupakan hasil goresan tangan karya anak bangsa pabrikan bermarkas di Sunter tersebut.

res-img_0154

Lantas dari mana asal kata Heykers yang digunakan pada flagship Yaris yang menggunakan mesin baru 2NR-FE Dual VVT-I berkapasitas 1.500 cc serupa milik All New Sienta ini?

Donny Adhi Yuwono, Department Head C&A Planning & Design Department, Product Planning & Development Division PT Toyota Astra Motor menyebutkan ada dua makna dalam penggunaan kata Heykers sehingga dipilih sebagai nama varian dari New Yaris tersebut.

“Dalam bahasa Inggris, Heykers berasal dari kata Hikers atau Hiking for Recreation of Adventure. Sebagai sebuah hatchback, mobil ini punya jarak kolong yang tinggi sehingga memudahkan untuk dibawa ke berbagai tempat dengan berbagai kondisi jalan,” pungkas Donny.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Dalam bahasa Jepang, Heykers bersal dari kata Hai Kars yang berarti High Cars atau Cars with High Ground Clearence,” tambah pria muda ini.

res-img_0158

Setelah proses purwarupa yang diselesaikan di Indonesia, Donny dan dua orang anggota timnya bertolak ke Jepang untuk menjalani serangkaian uji kelayakan New Yaris Heykers. Hingga akhirnya pihak prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) menyetujui PT Toyota Motor Manufacture Indonesia (TMMIN) untuk memproduksi New Yaris Heykers dan segera dipasarkan, termasuk ke mancanegara.