Pameran teknologi Consumer Electronic Show (CES) 2016 yang berlangsung di Las Vegas, AS, selama 6 – 9 Januari silam turut diramaikan oleh pemain-pemain besar dalam industri otomotif. Mereka menampilkan penemuan-penemuan terbaru yang bukan tidak mungkin akan masuk jalur produksi massal beberapa waktu mendatang. Berikut kami rangkum inovasi-inovasi otomotif yang manarik perhatian kami di markas TheGaspol.

Motobot Yamaha
Yamaha Motor Company berkolaborasi dengan SRI Internasional mempresentasikan Motobot, robot humanoid pertama yang bisa mengendarai motor. Motobot yang dirancang mampu berkendara layaknya manusia ini diharapkan bisa menjadi kontribusi Yamaha dalam hal safety riding, gambaran masa depan dunia roda dua, dan tentunya sebagai simbol kemajuan teknologi pabrikan berlambang garpu tala. Target proyek Motobot adalah membuatnya mampu mengalahkan torehan waktu Valentino Rossi di lintasan MotoGP.

Helm Canggih BMW Motorrad
Masih di ranah roda dua, BMW Mottorrad memamerkan helm dengan built-in heads-up display yang bisa menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan biker. Display yang dimaksud berbentuk sebuah layar transparan berada tepat di depan depan mata kanan pengguna. Informasi yang ditampilkan meliputi kecepatan, bahan bakar, navigasi, dan peringatan bahaya di jalanan. Menurut pemberitaan beberapa media asing, BMW telah menyatakan kesiapannya untuk memproduksi helm ini beberapa tahun lagi.

BMW i8 Konsep Roadster
Menggunakan basis BMW i8, mobil yang diberi nama i Vision Future ini membawa sederet teknologi canggih. Sebut saja instrumen digital tiga dimensi di balik lingkar kemudi. Display tersebut mampu menampilkan informasi mengenai kondisi jalanan yang akan dilalui, bahkan sebelum pengemudi bisa melihatnya secara langsung. BMW mengklaim, teknologi semacam ini akan membantu pengendara merespon beragam kondisi sedini mungkin saat berkendara menggunakan mode otonom.

Faraday Future FF Zero 1
Gebrakan di CES 2016 tidak hanya datang dari pemain lama tapi juga pendatang baru yang membawa penemuan besar, seperti Faraday Future dengan konsep FF Zero 1. Sebuah mobil single seater dengan motor elektrik di setiap rodanya yang jika ditotal, mampu menghasilkan tenaga setara dengan 1.000 bhp dan kecepatan puncak 322 km perjam. Menurut pemberitaan laman Techinasia, produksi mobil bertampang layaknya Batmobile ini tinggal menunggu waktu.

Volkswagen Budd-e
Setelah mengalami krisis akibat kecurangan uji emisi, pabrikan Jerman ini berupaya tampil “lebih” hijau dengan mobil hibrida. Dengan namanya yang bersahabat, Budd-e menggabungkan dua motor elektrik dan sebuah baterai dengan akumulasi tenaga 315 bhp. Dengan kondisi baterai penuh, Budd-e mampu menempuh jarak hingga 533 km. Untuk mencapai kapasitas baterai 80 persen, hanya butuh waktu pengisian daya 30 menit.