Yamaha pernah menggelar Yamaha Dealer Built. Sebuah kompetisi global yang mengadu kemampuan diler-diler pabrikan berlambang garpu tala dalam mendandani motor.

Kini, kegiatan serupa tengah dilakukan Ducati. Mengusung nama Custom Rumble, the Borgo Panigale mempersilakan dilernya dari setiap benua menyulap Ducati Scrambler standar untuk tampil seekstrem mungkin.

Kompetisi ini memang masih berlangsung hingga 18 Januari mendatang. Tetapi calon-calon juara sudah bisa diprediksi dari banyaknya likes pada setiap foto yang diunggah akun Instagram Custom Rumble.

Mengenai tipe Scrambler, motor berkapasitas mesin 800cc ini merupakan jagoan Ducati dalam memasuki segmen motor “dua alam” yang sedang digemari biker muda sekarang.

Kehadiran Ducati Scrambler di Indonesia pun tinggal menunggu waktu seiring keputusan PT Garansindo Euro Sports menjadi distributor tunggal Ducati di Tanah Air.

Ducati Scrambler - JAB #7

Ducati Scrambler “IceTrack Pro”

Kustom yang benar-benar mewakili DNA Ducati Scrambler untuk melenggang di segala medan. Dilahirkan oleh Bow Cycle North yang kebetulan berada di belahan bumi yang akrab dengan salju, Kanada.

Ducati Scrambler - B-Side

Ducati Scrambler “B-Side”

Ide cerdas dari Ducati Roma yang menggunakan sespan untuk membuat Scrambler terkesan antik. Dengan konsep ini, Ducati Roma berhasil mengumpulkan suara kedua terbanyak hingga tulisan ini dibuat.

Ducati Scrambler - DM102

Ducati Scrambler “DM102”

Ducati Scrambler bergaya street garapan salah satu kontesten asal Italia, Ducati Monza. “DM102” diambil dari alamat salah satu diler Ducati Italia tersebut, Ducati Monza Via Sicilia 102.

Ducati Scrambler - AL13 Blue

Ducati Scrambler “AL13 Blue”

Kru asal Belanda, Moto Muro, menggunakan nama “AL13 Blue” yang artinya mengacu pada meterial yang digunakan pada motor ini, yakni aluminium. Dan tentunya warna candy blue yang menghiasi rangka. Moto Muro juga pernah menciptakan fenomena dengan Ducati Elite II, cafe racer dari 1199 Panigale.

Ducati Scrambler - Iron Lungs

Ducati Scrambler “Iron Lungs”

Dalam pemberitaan media massa Polandia, Christian Boosen, orang yang berada di balik perancangan motor ini mengatakan bahwa dirinya mengeliminasi komponen plastik sebayak mungkin dan menggantikannya dengan material yang lebih kuat. Motor ini adalah karya kolaborasi Ducati Polandia, 86 Gear, dan Pawel Swanski

Images via Custom Rumble’s Instagram