Pada acara Mobile World Congress (MWC) 2015 yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol perusahan komputer Intel kembali memamerkan penerapan Intel Edison pada perangkat bergerak. Salah satunya adalah helm yang dapat memenuhi kebutuhan pengendara lewat perintah suara.

Microphone dalam helm akan menerima perintah dari suara pengendara. Dan melaksanakan perintah tersebut, seperti menampilkan rute dalam Google Map atau melakukan pencarian melalui mesin pencari.

Canggihnya lagi, penerapan Intel Edison ini tidak harus memerlukan koneksi internet. Dan juga memanfaatkan teknologi cloud computing. Pengendara dapat mempersiapkan terlebih dahulu data-data yang sekiranya akan dibutuhkan saat dalam perjalanan.

Intel memperagakan koneksi antara helm yang dilengkapi dengan Intel Edison tersebut dengan sepeda motor BMW. Helm akan merespon apa yang dialami oleh sepeda motor. Seperti brake lamp pada helm akan ikut menyala saat sepeda motor tersebut mengurangi kecepatan.

Prosesor yang dikembangkan sejak Oktober tahun lalu ini menarik banyak peminat. Terbukti dari beberapa produsen alat elektronik yang juga menggunakan Intel Edison pada produknya yang dipamerkan di acara Mobile World Congress 2015. Dengan harga chip Intel Edison yang hanya 50 USD CEO Intel Brian Krazanich berharap akan banyak pengembang yang dapat mewujudkan ide-idenya menjadi kenyataan.

image: www.news.com.au