Hari Minggu, (24/12), area parkir Ranch Market, Pondok Indah, Jakarta Selatan terlihat berbeda. Jika biasanya lokasi ini menjadi ajang kumpul bagi para pecinta mobil klasik, retro dan mobil-mobil Eropa, pagi ini kawasan lintas Pondok Indah (begitu mereka menyebutnya) banyak disambangi jip-jip dengan ban besar dan kembang kasar.

Tepat pukul 09:00 pagi di hari Minggu ini, jip-jip besar yang mampu bertahan di segala medan jalan ini mulai berdatangan. Mereka datang untuk menghadiri sebuah invitasi IOF For Charity, yakni penggalangan dana untuk para korban bencana alam oleh Indonesia Offroad Federation (IOF).

IOF sebagai wadah organisasi offroad nasional, memang kerap melakukan aksi sosialnya dengan membantu Badan SAR Nasional (BASARNAS), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Intsansi terkait soal bencana alam. Kapabilitas mobil-mobil segala medan tersebut tak hanya digunakan sebagai penikmat hobi berlumpur saja, melainkan juga digunakan untuk kegiatan soisal membantu evakuasi saat bencana alam datang.

Kegiatan bertajuk IOF For Charity ini memang terbuka untuk umum, terlebih para anggota komunitas mobil dan motor yang ada di Jakarta. Kendati persiapan gelaran ini terbilang ‘mepet’, namun mendapatkan antusiasme dan apresiasi dari para donatur.

Tercatat melalui IOF For Charity ini, Pengurus Pusat IOF berhasil mendulang bantuan sebesar Rp 32,8 juta berupa uang tunai dan non tunai, serta barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, seperti pakaian, makanan kering dan alat kerja kebersihan. Bantuan-bantuan tersebut akan segera didistribusikan oleh tm IOF Rescue, Selasa (26/12) ke beberapa titik tujuan.

Dalam sambutannya, Sigit Permadi, Ketua IV IOF Bidang Pariwisata, Sosial Bencana dan Lingkungan Hidup menyebutkan, rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh teman-teman yang hadir di IOF For Charity kali ini. Terutama dari komunitas Klasik Retro dan Mercedes-Benz Car Club serta Henkel Loctite Indonesia yang mensupport kami dalam menggelar acara ini.

“Tak lupa juga untuk kalangan teman-teman offroaders, komunitas mobil dan pihak-pihak  yang telah hadir untuk berdonasi dalam IOF For Charity kali ini. Alhamdulillah, semoga budi baik rekan-rekan semua mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan YME,” tambah Sigit.

Bantuan ini akan didistribusikan oleh para penanggung jawab posko bencana setempat kepada masyarakat. Adapun beberapa lokasi tersebut ialah korban gempa Tasikmalaya, jawa Barat dan sekitarnya, korban banjir dan tanah longsor Pacitan, Jawa Tengah dan sekitarnya serta erupsi Gunung Agung, Bali.