Gelaran adventure offroad ekstrem tahunan, Indonesia Offroad Expedition (IOX) kembali digelar di 2019 ini. Sesuai nama yang disusungnya, IOX Andalas 2019 akan mengambil tempat penyelenggaraan di Pulau Sumatera. Perjalana menjelajah hutan Sumatera ini akan berangkat dari kota Medan, Sumatera Utara menuju Danau Toba dan berakhir di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Dalam event IOX Andalas 2019 ini, tercatat 81 mobil off-road dan 74 motor (dirt-bike) dengan total lebih dari 400 personel bakal menjadi partisipan dalam offroad selama 16 hari yang berlangusng mulai 9 – 24 Februari 2019 mendatang. Perjalanan ini diperkirakan akan menempuh jarak sejauh 1.400 km.

Dalam jumpa pers dan scrutineering kendaraan yang dilakukan di Rasuna Epicentrum Walk, Sabtu (26/1), Ketua Klub Off-Road IOX, Sri Hascaryo mengemukakan, dalam ajang ini, peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya menembus rute-rute super ekstrem di dua provinsi, yakni Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Mereka juga dapat menikmati wisata alam dan budaya yang indah.

Perjalanan para tim peserta dari IOX Andalas 2019 sendiri seperti biasa bakal dipimpin oleh Syamsir Alam sebagai team leader dengan nomor lambung jip 000. Pria yang juga salah satu pendiri organisasi Indonesia Offroad Federation (IOF) ini kerap ditunjuk sebagai leader dalam perjalanan IOX sejak 2012 lalu.

“Seluruh peserta sangat antusias ketika mengetahui Pak Syamsir bersedia menjadi tim leader event ini. Kami sudah bisa membayangkan seperti apa beratnya track yang akan kami jalani kalau Pak Syamsir yang membuat track-nya. Dijamin kami akan mati-matian untuk bisa lolos dari track,” tegas pria yang punya panggilan akrab Pak Yoyok.