Jaguar F-TYPE & Range Rover_lo

Belum lama berselang lepas melansir berita tentang fitur canggih yang diterapkan Jaguar Land Rover Automotive, pabrikan Britania ini kembali menghentak ranah otomotif setelah mengabarkan racikan mesin terbarunya. Racikan mesin anyar besutan JRL ini bernama Ingenium. Ingenium karya pabrikan asal Inggris ini telah diklaim memiliki bobot yang ringan, kecil, hemat BBM, emisi rendah, dan tentu saja berperforma tinggi.

Dan jika dibandingkan dengan pendahulunya, anggota baru dari keluarga mesin buatan pabrikan yang bermarkas di Whitley, Coventry ini memang punya bobot yang jauh lebih ringan, tetapi tergantung pada konfigurasi tertentu.

Rencananya, mesin ini akan tersedia dalam dua varian, yaitu bensin dan diesel. Tapi salah satu tenaga yang menjadi fokus mereka sekarang adalah mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter turbodiesel yang dikenal sebagai AJ200D. Insinyur mesin tersebut akan mengurangi gesekan internal sebesar 17 persen dari mesin saat ini. Dan menurut kabar yang beredar, mesin dengan kode AJ200D ini bakal terintegrasi dengan paket Jaguar XE terbaru.

“Konfigurasi dan fleksibel adalah dua kunci dari DNA Ingenium, karena kita memiliki masa depan. Ingenium akan dapat menerima kemajuan baru dalam bahan bakar, turbocharging, emisi, performa dan teknologi elektrifikasi ketika mesin siap dan akan digunakan,” ungkap JLR Powertrain Engineering Director, Ron Lee, kemarin (10/07).

Mesin Ingenium terbaru ini diharapkan mampu digunakan di seluruh line-up Jaguar Land Rover dalam beberapa tahun ke depan, dan juga dapat digunakan di semua sport utility vehicle (SUV) dari JRL.