Goodwood Festival of Speed 2017 telah diselenggarakan akhir pekan lalu. Sesuai namanya, festival ini selalu diramaikan oleh mobil-mobil bertenaga besar dari berbagai pabrikan dan individu yang turut meramaikan gelaran ini.

Sebagai pabrikan yang berasal dari negara tuan rumah penyelenggara Goodwood Festival of Speed, Jaguar Land Rover (JLR) hadir lewat produk spesialnya yang baru, yakni Jaguar XE SV Project 8. Sesuai namanya, sedan empat pintu berbasis Jaguar XE ini merupakan racikan khusus divisi Special Vehicle Operation (SVO) milik JLR.

Sumber tenaga V8 Supercharged 5.0 liter kini mengisi ruang mesin Jaguar XE SV Project 8 yang mampu menghasilkan tenaga 529 dk dan torsi 599 Nm. Mesin ini serupa dengan yang digunakan oleh Jaguar F-Type Project 8 yang juga racikan divisi SVO dari JLR.

Dengan tenaga besar yang berlimpah, Jaguar XE SV Project 8 memiliki penggerak empat roda dengan lingkar roda berpelek 20 inci untuk memberikan traksi yang maksimal ke masing-masing roda. Sedan eksotis ini mampu dibesut hingga 321 km/jam dan hanya butuh 3,3 detik untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam.

Direktur Special Vehicle Operation Jaguar, John Edwards dengan bangga menyebutkan, Project 8 merupakan contoh dari apa yang terjadi jika para desainer, insinyur, dan ahli manufaktur diberi kesempatan untuk menciptakan sebuah mobil dengan performa ekstrem tanpa kompromi.