Amerika Serikat dikenal sebagai tempat kelahiran busana berbahan denim yang kemudian populer dengan sebutan jeans. Walau nyatanya, ada dua pihak lagi yang mengklaim bahwa merekalah penemu pakaian sejuta umat ini, yakni kota Nimes di Perancis dan Genoa di Italia.

De Nimes” atau “from Nimes” dianggap sebagai pembentuk istilah “denim.” Sementara, di Genoa ada bahan pakaian berwarna biru yang terkenal kuat. Para pedagang menyebutnya “blue de Genes” yang lantas menjadi “blue jeans.”

Menariknya, hal ini didukung oleh lukisan dari masa Renaissance Europe yang menggambarkan pakaian denim pada medio 1.600-an, persis seperti denim yang kita kenal sekarang.

Namun, terlepas dari semua itu, jeans sudah menjadi jenis pakaian yang begitu mendunia. Menjadikannya sebagai salah satu item esensial soal fashion, baik untuk pria ataupun perempuan. Selain sangat cocok untuk berkendara, berikut ini alasan lain untuk memiliki jaket jeans.

Cocok Untuk Segala Musim

Keuntungan terbesar memiliki jaket jeans ialah bisa digunakan pada kondisi cuaca kebanyakan. Jaket jeans akan tetap nyaman dipakai riding saat musim panas. Di sisi lain, benda ini tetap mampu memberi kehangatan di musim berangin. Walaupun, tak dimungkiri untuk kondisi lebih ekstrim dibutuhkan jaket yang lebih kaya fitur.

Kuat, Tak Pusing Soal Perawatan

Mari kita akui bahwa pria sering sembrono soal pakaian. Jaket jeans dengan bahan denim terkenal kuat dan tak butuh perawatan khusus. Kita tak perlu memusingkan soal perawatan dan bisa menggunakannya sesuka hati. Jaket jeans berbahan 100 persen denim bisa digumpal asal-asalan tanpa meninggalkan keriput. Penggunaan rivets pada beberapa titik juga membuat jaket ini tidak mudah sobek.

Hadirkan Gaya Kasual

Jaket jeans memang berseberangan dengan suit. Meski demikian, jaket jeans bisa jadi alternatif untuk blazer atau jaket olahraga. Penggunaan jaket jeans yang sesuai ukuran juga akan menghadirkan slimming effect seperti dua model jaket sebelumnya. Kebanyakan produsen jaket jeans sekarang membuat model pinggang mengecil yang biasanya diberi label slim fit.

Jaket jeans telah lama jadi simbol profesi “kasar” seperti truckerscowboys, dan pekerjaan di ranah informal lainnya. Namun, walaupun tidak seprofesi dengan mereka, merupakan ide bagus untuk menganut semangat independen yang dibawanya.