Kota Magelang, Jawa Tengah menjadi riuh pikuk pada tanggal 6-7 Ferbruari lalu. Meski cuaca di kota yang identik dengan Borobudur ini sedang diselimuti hujan sepanjang haril, ratusan anggota AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) mampu menghangatkan kota ini lewat event Jambore Nasional (Jamnas) 2016.

Berpusat di Hotel Atria Magelang dan Desa Wisata Candirejo, sekitar 219 ID anggota AXIC berkumpul di kopi darat terbesar klub ini. Tercatat ada 10 chapter dan 20 cabang AXIC dari seluruh Indonesia yang ikut meramaikan acara ini.

Dengan seragam kebanggan warna merah, ratusan anggota AXIC beserta keluarga  telah memadati ballroom Hotel Atria Magelang yang jatuh pada Sabtu malam. Dalam kesempatan kali ini, turut hadir Kadisporabudpar  Bapak Catur, perwakilan sponsor, dan mitra media AXIC.

Menurut Catur, Pemerintah Kota Magelang senang sekali jamnas AXIC kali ini dapat singgah di kotanya. Ajang akbar para pecinta mobil Avanza dan Xenia ini juga bisa menjadi sarana untuk mengenalkan potensi Kota dan Kabupaten Magelang, baik potensi wisata maupun ekonominya. “Pemkot Magelang memberi penghargaan terhadap event Jamnas AXIC di Magelang ini,” ujar walikota Magelang dalam sambutannya.

Darlan Nuryandi, Ketua Umum PP AXIC, melaporkan jumlah peserta jamnas ini berasal dari 10 chapter dan 20 cabang AXIC di seluruh Indonesia. Seperti AXIC cabang Medan, Pekanbaru, Palembang, Minang, Lampung, Bekasi, Bandung, Purwasuka, Sukabumi, Priangan Timur,  Surabaya, Yogyakarta, Malang, Kediri, Jepara, Ngawi (AE), Bojonegoro, Solo, Kuningan, dan Magelang. Sementara chapter yang mengirimkan perwakilan adalah chapter Halilintars, Karate, Bostoners, Cappucino, Metrostar, Merkurius, Pakubuwono, Cleopatra, Pedang Oetara, dan Cross Road. Jamnas AXIC 2016 adalah yang ke-4 sejak diselenggarakan 2007.

“Jamnas ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh chapter dan cabang AXIC di seluruh Indonesia,” kata Darlan.

Darlan Nuryandi, Ketua Umum PP AXIC mengatakan. “Acara akbar yang didukung PT Toyota Astra Motor ini mengusung tiga pilar kegiatan AXIC,yakni pilar Otomotif, Keluarga, dan Sosial (OKS). Misalnya di pilar Sosial, malam ini kami memberikan bantuan uang tunai Rp 10 juta ke komunitas tuna wicara, Magelang Deaf Community (MDC),”  ujarnya.