Jambore Nasional ke-48 Asosiasi Volkswagen Indonesia, Sabtu-Minggu (19-20/8) di Tasikmalaya kemarin menjadi begitu spesial. Acara kumpul klub dan komunitas pengguna Volkswagen di seluruh tanah air ini dihadiri oleh para mantan dan petinggi aparat negara.

Pasalnya, orang-orang yang berperan dibalik perjalanan Asosiasi Volkswagen Indonesia hingga saat ini memiliki latar belakang militer dan kepolisian . Sebutlah Ketua Umum Asosiasi Volkswagen Indonesia saat ini yang dipegang oleh mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Purn) Drs. Nanan Soekarna, posisinya menggantikan Letnan Jenderal TNI (Purn) Soeyono yang pernah menjabat sebagai Pangdam IV Diponegoro.

Acara ini juga dihadiri oleh Irjen Pol (Purn) Pamudji R Soetopo yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Volkswagen Van Club (VVC) yang merupakan komunitas VW tertua di Indonesia sejak 1981 silam dan Dewan Pembina Asosiasi Volkswagen Indonesia, Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi yang pernah berdinas sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) periode 1998 – 2000.

Selain para Dewan Pembina dan Pengurus Asosiasi Volkswagen Indonesia, Jambore Nasional ke-48 ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan. Dalam sambutannya, Kapolda yang merupakan putra asli Tasikmalaya ini menyebutkan acara semacam ini penting karena antara komunitas atau klub yang jumlahnya ribuan orang bisa memiliki kontribusi khusus bersama pemerintahan lokal, kepolisian daerah dan masyarakat.

Dalam Jambore Nasional ke-48 ini, Asosiasi Volkswagen Indonesia juga mendeklarasikan gerakan antinarkoba bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan mencanangkan gerakan pelopor tertib berlalu lintas bersama 48 klub otomotif lainnya di Tasikmalaya. Jambore Nasional ke-48 ini dihadiri oleh 772 VW dari berbagai varian dan tahun produksi serta 1.753 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.