Professional Safety Riding Trainer Joel D. Mastana mengajak komunitas rider di Kota Samarinda untuk lebih memahami fungsi dan jenis kelengkapan keamanan berkendara melalui gelaran Unity Pitstop “Understanding Safety Gear” Workshop.

Joel menganggap, pengendara roda dua adalah pengguna jalan yang paling berisiko terhadap kecelakaan lalu lintas. “Rider dapat meminimalisir akibat kecelakaan berkendaraan dengan perlengkapan keselamatan yang tepat-guna,” jelasnya, Jumat (13/11) silam.

Menurut Joel, tanggung jawab rider bukan hanya menggunakan kelengkapan keamanan tapi juga memilih yang tepat sesuai standar.

“Terkadang yang dikedepankan oleh rider saat memilih kelengkapan keamanan itu dari tampilan dan style, bukan aspek keamanannya. Selain itu, kelengkapan keamanan juga harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan lingkungan di Indonesia,” sambungnya.

Dirinya menegaskan tidak semua perlengkapan buatan luar negeri cocok untuk digunakan di Indonesia karena perbedaan iklim.

Workshop serupa telah dilaksanakan sebelumnya di Jakarta (20/6) dan Bandung (13/9), dihadiri oleh perwakilan dari berbagai komunitas pengguna jalan dari kota setempat.

Selain pembahasan seputar perlengkapan keselamatan selama berkendara, workshop ini juga mengajak semua pengguna jalan untuk meningkatkan semangat solidaritas dengan menjunjung tinggi semangat berbagi jalan selama berkendara.