Indonesia Diecast Expo (IDE), akan kembali digelar pada 29-30 Oktober 2016 mendatang di Balai Kartini, Jakarta. Pesta diecast terbesar di Indonesia ini telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya sejak 2014 silam.

Sebagai satu-satunya penyelenggara pameran diecast paling akbar di Indonesia, 3rd Indonesia Diecast Expo 2016 akan kembali dipenuhi oleh ribuan koleksi milik para kolektor dan pelapak dari para anggota komunitas diecast di Indonesia.
img_0539-rs

Berbeda dengan gelaran pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini IDE 2016 akan mengangkat tema Japan Domestic Market. Tentu ada alasan khusus mengapa pihak penyelenggara mengambil tema JDM pada hajatan ketiga pelaku diecast tanah air ini.

“Kami memilih tema Japan Domestic Market karena Jepang sendiri merupakan salah satu kiblat industri diecast saat ini. Ini yang akan membedakan penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo tahun ini,” ujar Arya Lembana, Ketua Penyelenggara IDE 2016.

img_0546-rs

Selain menampilkan koleksi-koleksi langka dan diorama dari para kolektor, sepanjang pameran yang berlangsung selama dua hari di akhir pekan ini, penyelenggara IDE 2016 akan menggelar kompetisi diecast antarpeserta gelaran.
Diantaranya adalah balap diecast skala 1:64, balapan diecast Monster Jam dan kompetisi kustom diecast.

Di penghujung acara 3rd Indonesia Diecast Expo 2016, seperti pada gelaran-gelaran sebelumnya seluruh unsur peserta IDE 2016 seperti kolektor, komunitas dan panitia akan melakukan donasi benda skala koleksinya untuk melakukan lelang amal. Seluruh hasil dari lelang amal tersebut akan diserahkan sepenuhnya pada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara.

img_0573-rs