Combat boot biasanya dipasangkan dengan celana berbahan jeans dan jaket kulit. Walau sebetulnya tidak ada yang salah jika dipakai bersamaan dengan setelan jas. Seorang penulis fesyen asal Amerika mengatakan, bahwa penampilan yang sempurna merupakan hasil dari keseimbangan dan kontras. Dan kedua hal tersebut bisa ditemukan pada kombinasi ‘combat boot x suit’.

Combat boot dengan kesan anti kemapanannya, menyatu dengan setelan jas yang telah disepakati sebagai simbol keberhasilan. Nilai tambah dari sebuah combat boot adalah kekuatan yang dimilikinya. Walaupun, banyak combat boot masa kini yang dibuat menggunakan metode dan material ala kadarnya. Tetapi, combat boot sejati adalah alas kaki yang tangguh dan bisa diandalkan untuk menapaki medan-medan tak karuan.

Jeep Grand Cherokee Overland

Penggabungan antara kedua item fesyen yang telah disinggung, sekiranya bisa mengilustrasikan keputusan para pengguna mobil-mobil tangguh berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) sebagai penunjang mobilitasnya dalam membelah kemacetan kota metropolitan. Suatu hal yang kontras tapi juga seimbang pada waktu yang bersamaan.

Dan, kalau boleh menyinggung kembali soal ‘combat boot sejati’, dia adalah Jeep yang telah menjadi ikon mobil-mobil sangar selama ini. Kira-kira pada awal 2015, Jeep Grand Cherokee Limited dan Overland resmi datang ke Indonesia. Keduanya diboyong masuk oleh  PT Garansindo Inter Global (GIG) selaku agen pemegang merek Jeep di Tanah Air.

Jeep Grand Cherokee Overland

Perbedaaan kedua varian tersebut terdapat pada kosmetiknya. Memang, Grand Cerokee Limited lebih kental akan nuansa off-road jika dibandingkan dengan Overland yang kami gunakan. Tapi, alhasil Overland berhasil menjadi varian yang lebih beradaptasi dengan kemilau Ibukota. Beruntung diakhir bulan Januari kemarin, PT Garansindo Inter Global memberikan kesempatan pada TheGaspol untuk merasakan sensasi Grand Cherokee 3.0 Overland langsung.

Satu-satunya perasaan yang muncul saat berada di hadapan lingkar kemudi Overland adalah : percaya diri. Awal kali masuk, kami langsung dapat memilih setingan posisi duduk terbaik. Pasalnya, kursi depan yang terpasang telah dilengkapi ventilasi dan memiliki pengaturan delapan arah secara otomatis serta penyesuaian pinggang empat arah.

Jeep Grand Cherokee Overland

Lingkar kemudi berlapis kulit terasa mantap digenggam. Sentuhan kulit Natura-Plus berkualitas premium menjadi  ciri utama pada tempat duduk, konsol, panel instrumen atas, dan panel-panel pintu yang dilapis kulit. Grand Cherokee seakan memberikan eksklusivitas melalui fitur terbaru yang dapat memanjakan seluruh penumpang.  Di dalam interior pun sangat nyaman dengan penggunaan warna Jeep Brown yang terinspirasi dari warna-warna hangat yang menyemarakkan dinding megah Grand Canyon. Tapi tunggu dulu, fokus saya lebih dulu teralihkan ketika suguhan dalam kabin dipercantik dengan penggunaan ‘Dual-Pane Commandview Sunroof. Kami dapat melihat langit-langit melalui kaca geser berpanel ganda ini, dengan ini penumpang juga pasti akan merasakan kelapangan yang muncul secara alami.

Jeep Grand Cherokee Overland

Belum habis terbuai oleh kehadiran sunroof, pandangan beralih ke center stack. Banyak yang dapat dilakukan pada layar sentuh dengan fitur Uconnect pada berukuran 8,4-inci ini. Kehadirannya dapat  memanjakan Anda lewat berbagai fitur intuitif, seperti pengenalan suara, navigasi, climate control, dan banyak lagi.

Berada di dalam Grand Cherokee, Anda seakan sedang datang ke sebuah konser musik Jazz kelas dunia. Kualitas audio sangat memukau, apalagi bagi Anda yang menggemari tata suara kelas dunia. Jeep telah mempercayakannya sepenuhnya pada Alpine yang telah mengembangkan sistem canggih sehingga dapat menghasilkan daya 506 watt dari 9-speaker. Sepenuhnya suara yang dihasilkan speaker dapat terdengar jelas dan jernih. Ini semua juga berkat fitur peredam kebisingan aktif yang telah terpasang pada kaca samping, kaca depan dan bagian jendela samping belakang. Ini semua dapat menjauhkan Anda dari suara bising yang dihasilkan oleh lalu lintas ataupun angin. Kaca akustik tersebut berfungsi meredam NVH (noise, vibration, harshness).
Jeep Grand Cherokee Overland

Puas membahas inti dari interior, kami pun langsung memacunya mengarungi jalan raya ibu kota. Saat berjalan, kami lagi – lagi merasa dapat kemudahan berkat fitur yang dihadirkan oleh Grand Cherokee, kali ini fitur select-terrain manajemen traksi telah dilengkapi dengan lima pengaturan. Para pengemudi dapat menggunakannya sesuai rintangan yang akan dilalui, ada pilihan Snow, yang dapat menghasilkan traksi pada permukaan tertutup salju dan es, memaksimalkan kestabilan kendaraan dan meminimalkan oversteering. Sand, membuat sistem traksi Electronic Stability Control (ESC) dapat bekerja lebih agresif sehingga dapat menjaga putaran roda, suspensi secara otomatis akan ditinggikan dan anti-lock brakes dapat berfungsi lebih cepat guna menjaga pengereman dan membantu kemampuan bermanuver di pasir. Auto, sebuah mode otomatis yang dapat membuat dinamika kendaraan menyesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui. Mud, pilihan mode ini dapat memicu sistem suspensi udara Quadra-Lift yang dapat meninggikan mobil ke mode off-road, kendali traksi bekerja dengan respon yang sangat sensitif terhadap putaran roda, dan tenaga mesin disesuaikan untuk menghasilkan performa optimal. Rock, mode ini dapat membuat mobil lebih tinggi sehinga dapat mencapai permukaan jalan berbatu.

Jeep Grand Cherokee Overland

Rasanya, pengujian kali ini telah membedah isi dari sebagian mobil masa depan. Semua permukaan jalan yang kami lewati dapat ditaklukkan dengan baik dan mulus. Fitur selec-terrain dan penggunaan suspensi Quadra-Lift membuat kinerja mesin Pentastar V6 3.0-liter menjadi lebih mudah. Alhasil mesin baru ini jadi lebih fokus mengurus tenaga yang disebut mencapai 230 Hp dengan torsi puncak mencapai 285 Nm.

Meski tampil bertenaga, toh para insinyur perakit tetap mengedepankan teknologi ramah lingkungan dengan fitur Eco Mode. Fitur ini dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui perpindahan transmisi dan memaksimalkan torsi yang dihasilkan oleh Jeep Grand Cherokee. Layar multi-display pada panel intrument akan memberikan hasil dari tingkat efisiensi Anda selama berkendara.

Jeep Grand Cherokee Overland

Hmm, begitu mengagumkan. Saya merasa puas berkeliling kota menggunakan Grand Cherokee. Saat ini, kami pun merasa seperti public figure atau pejabat pemerintahan. Tak ada yang berani mendekat dengan tujuan intimidasi, semua pengguna jalan nampak menerima dengan baik. Bahkan, beberapa kali kami memergoki orang sedang melirik diam – diam ke arah mobil. Nyatanya, banyak yang terkesima dengan tampilan gagah yang digambarkan pada bentuk eksterior.

Dapat kami simpulkan, melalui model yang agresif namun elegan ditambah kekayaan interior yang melimpah, menjadikan Grand Cherokee memiliki kelas tersendiri di segmen SUV premium. Di Indonesia, kehadirannya memang tidak setenar kala Jeep membawa Rubicon ke negri batik. Namun, bagi para pecinta Cherokee, inilah penggambaran masa depan yang mereka tunggu – tunggu. Tidak hanya enak di kendarai, mobil ini juga nyaman untuk ditumpangi. Bahkan bagian penumpang belakang dapat menikmati kenyamanan ekstra layaknya menonton bioskop dari kursi premier. Jika bosan menunggu sampai tujuan, para penumpang dapat menghibur diri dengan tontonan menarik melalui dua layar beresolusi tinggi berukuran 9-inci. Kedua layar telah terintegrasi di belakang kursi yang dapat digunakan untuk memutar DVD standar dan Blu-ray disc, serta dilengkapi dengan input HDMI dan RCA tersendiri di setiap layar.

Jeep Grand Cherokee Overland

Berada di dalam interior Grand Cherokee selama seharian lantas tidak membuat Saya merasa kelelahan. Selain enak dikemudikan, nyatanya mobil ini punya fasilitas terbaik kala Saya harus bergantian mengemudi dan mulai menikmati kenyamanan kabin. Kesibukan harian semacam miting, menghadiri pesta ataupun acara keluarga dapat Saya lewati dengan mudah dan hanya menggunakan satu mobil ini. Apalagi, mobil ini merupakan salah satu mobil dengan tingkat keselamatan tertinggi. Di dalamnya telah tersemat 70 fitur keselamatan, Anda dan keluarga dapat tetap terjaga ketika berada di dalamnya.

Sudah sepantasnya Grand Cherokee dijadikan mobil idaman bagi semua orang yang ingin tampil sempurna. Untuk dapat membawanya ke garasi rumah Anda, mahar sebesar Rp 1.299.000.000 perlu disiapkan untuk menebusnya. Tertarik? Datang langsung ke diler Garansindo dan rasakan sensainya langsung.