Fast, on a rough road riding. High, through the mountains climbing. Twisting, turning further from my home,” merupakan penggalan lirik yang membuka lagu berjudul “Born Free” milik musisi AS, Kid Rock. Ternyata, lagu tersebut memberi banyak pengaruh bagi produsen mobil Chevrolet dalam melahirkan model terbaru truk Silverado 2016.

Chevrolet bercita-cita ingin menciptakan truk yang dapat menjadi simbol kebebasan para kaum pekerja di negeri Paman Sam. Sekaligus, sebagai penghargaan bagi mereka yang telah mengandalkan produknya dalam aktivitasnya setiap hari.

Dalam proses pembuatannya, Kid Rock secara langsung diundang ke fasilitas perakitan Silverado yang berlokasi di Flint, Michigan, AS. Musisi berusia empat puluh empat tahun tersebut ikut serta dalam penentuan desain.

“Fasilitas Flint dan kru yang bekerja di sini merupakan ‘tulang punggung’ Amerika Serikat. Saya ingin membuat truk yang terkesan gagah tapi dengan fitur dan elemen yang terjangkau oleh para kaum pekerja,” beber pemilik nama asli Robert James Ritchie ini.

Hasilnya, di bagian luar, Silverado 2016 tersebut punya tampilan warna hitam dengan decal bendera AS nama sang musisi, berpadu dengan warna krom yang terdapat di beberapa komponen. Kesan gagah hadir di sektor buritan, dimana mobil ini menggunakan empat buah roda belakang. Semua rodanya menggunakan pelek krom 22 inci.

Guna memudahkan akses ke dalam kabin, terdapat assist steps yang  ikut dipasang. Lalu, menelisik ke dalam, interior didominasi kulit warna Sky Cool Gray. Terdapat aksen metalik serta denim yang juga dianggap sebagai simbol dari kalangan pekerja. Logo bertuliskan “Made in Detroit” dan sound system lansiran Kicker ikut dihadirkan.

Suguhan yang tak kalah spesial ada di bagian belakang bak. Chevrolet menggambarkan truk tersebut juga dilengkapi trailer dengan Gibbs Sports Quadski yang bercokol di atasnya.