Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, ‘Mirai’ memiliki arti ‘masa depan.’ Sebagai perwujudannya, Toyota Mirai memanfaatkan hidrogen, bukan baterai untuk mengoperasikan sistem kelistrikan dengan sisa pembuangan berupa air.

Nah, untuk membuktikan kemurnian sisa pembuangan tersebut seorang jurnalis otomotif bernama Vadim Ovsiankin nekat meminum air yang keluar dari ‘knalpot’ Toyota Mirai.

Dalam video yang diunggahnya ke Youtube, Vadim Ovsiankin menampung air tersebut ke dalam gelas bening. Begitu terisi agak banyak, Vadim Ovsiankin langsung meminumya. “Ini seperti plastik,” katanya saat berusaha mencari tahu aroma air tersebut.

Ia menambahkan, bahwa air tesebut tidak ada bedanya dengan air umumnya. “Ini menyenangkan, terasa masih seperti air,” ungkap Vadim Ovsiankin kepada rekannya yang mendampingi.

Sebelum melakukan eksperimen tersebut, Vadim Ovsiankin sempat berkomentar tengan Toyota Mirai. Menurutnya, bisa jadi Toyota Mirai akan menjadi kendaraan masa depan sesungguhnya. “Emisinya berupa air dan karena air itu menyenangkan, Anda tetap bisa meminumnya,” jelas Vadim Ovsiankin.

Pendapat Vadim Ovsiankin mungkin tak sepenuhnya salah karena animo publik terhadap kendaraan ini begitu besar.

Tercatat hingga saat ini telah ada 1.900 antrian calon pembeli Mirai di AS. Toyota mengaku jumlah pre order yang membludak tersebut di luar ekspektasi mereka. Sehingga calon konsumen harus  bersabar sebelum jumlah produksi Mirai memenuhi permintaan.