Setelah menghentikan operasional perakitan mobilnya akibat pandemi virus Corona yang melanda Italia, Fiat mengumumkan telah kembali mengoperasionalkan pabriknya di Italia sejak Senin, 27 April 2020 kemarin. Secara bertahap, fasilitas perakitan milik Fiat Chrysler Automobiles di Melfi, Italia Selatan dan Atessa di Italia Tengah akan beroperasi penuh seiring lockdown nasional yang telah dicabut oleh Pemerintah setempat.

Dilansir dari Reuters, Marco Lomio, dari serikat pekerja UILM, mengatakan produsen mobil telah memberi tahu serikat pekerja bahwa pekerja harus menyelesaikan mobil yang belum selesai pada jalur perakitan ketika pabrik ditutup pada pertengahan Maret setelah aturan yang diberlakukan oleh Roma untuk membendung penyebaran virus corona baru (COVID-19).

“Kami telah  memulai dengan 500 orang pada hari Senin, 27 April, dan pekerja penuh pada hari Rabu, 29 April dengan sekitar 1.000 pekerja untuk pabrik di Melfi. Sementara di Atessa, sekitar 6.000 pekerja dari total 6.500 diperkirakan sudah kembali bekerja pada hari Senin, 27 April,” ujar Lomio.

Pada fasilitas perakitannya di Melfi, Fiat akan mempersiapkan pengembangkan akhir mobil hybrid terbaru grup FCA tersebut, yakni Jeep Compass dan Renegade. Sedangkan pada fasilitas perakitannya di Atessa, Fiat berkonsentrasi untuk memproduksi model van Ducato untuk pasar Eropa.

Lomio menambahkan, Fiat akan memulai kembali pengembangan prototipe itu mulai 4 Mei. Fiat Chrysler berencana untuk mengejar target pelunjuran Jeep Compass dan Renegade pada September ini.