Hingga seri ke-15 balap Formula 1 bergulir, Lewis Hamilton gagal pertahankan pucuk pimpinan klasemen sementara antar pebalap. Kedudukan ini diambil alih oleh rekan setimnya dari Mercedes AMG Petronas F1 Team, Nico Rosberg setelah menjuarai balap Singapore Airline Formula 1 Grand Prix, Minggu (18/9).

Sebelumnya selisih poin terpaut sangat ketat bagi dua pembalap Mercedes-Benz tersebut. Hamilton memimpin puncak klasemen dengan 250 point, sementara Rosberg berada di belakangnya dengan hanya selisih dua point, yakni 248.

Dengan hasil akhir pada lompa GP Singapura yang digelar malam hari tadi, kini Nico Rosberg berhak memimpin puncak klasemen dengan 273 poin. Sementara Lewis Hamilton menduduki posisi runner up dengan 265 poin.

Perebutan posisi pertama untuk menjadi juara dunia balap jet darat berlangsung seru semalam. Rosberg, pembalap blasteran Jerman-Finlandia berhasil mencatat waktu tercepat saat kualifikasi di hari sebelumnya dan berhak mendapatkan pole position pada race day.

Sepanjang balapan berlangsung, tak ada kendala yang menghalangi Rosberg untuk menjuarai balapan hingga ia tetap berada di posisi terdepan mulai start hingga finish.

Sementara Lewis Hamilton harus puas start dari posisi ketiga untuk catatan waktu yang ia tempuh saat kualifikasi. Saat balapan berlangsung, pembalap bernama lengkap Lewis Carl Davidson Hamilton ini sempat diganggu oleh Kimi Raikkonen yang ingin merebut posisi ketiga sepanjang balapan.

Meski sempat tersusul dan melorot ke posisi keempat, mantan pacar penyanyi Nicole Scherzinger ini berhasil merebut kembali posisi ketiga dan berhasil mempertahankannya hingga podium.

Dua pekan lagi, Minggu (2/10) seri ke-16 balap Formula 1 akan kembali digelar di Sirkuit Sepang Malaysia. Kedua pembalap tim Mercedes ini tentu akan melakukan usaha terbesarnya dalam memperebutkan tahta kampiun juara dunia Formula 1 musim 2016 ini.