Berbeda dengan versi yang diluncurkan di Jepang, Toyota All New Sienta yang dipasarkan di Indonesia murni merupakan rakitan lokal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Oleh karenanya kandungan lokal yang terdapat didalamnya, hampir mencapai 100%.

Warih Andang Tjahyono, Wakil Presiden Direktur TMMIN menyebutkan sekitar 80% dari Sienta rakitannya telah menggunakan komponen buatan dalam negeri. Sisanya yang masih impor adalah unit transmisi utuh dari Jepang serta komponen as roda (drive shaft) dan pendukungnya dari Thailand.

“Yang menjadi perhatian kami adalah kualitas dari tiap-tiap komponen yang digunakan agar mencapai tingkat akurasi yang optimal,” ujar Warih di Jakarta.

Untuk itu pihaknya mengakui telah membuat tim khusus untuk mensupervisi dan mendevelop para suplier, terutama tier 1 produsen komponen tersebut untuk selalu menjaga kualitasnya. Merupakan hal yang sangat menantang, mengingat saat ini ada sekitar 139 suplier lokal yang mendukung perakitan Toyota Sienta.

Tujuannya tak lain agar Sienta rakitan lokal ini mampu menyetarai kualitas hasil produksi Toyota Ohira Plant Miyagi, Jepang.

TMMIN berharap kedepannya dapat merakit Toyota Sienta secara utuh dengan murni kandungan lokal mencapai 100%. Tak hanya Sienta, harapan yang sama juga terdapat pada produk rakitan lain seperti Kijang Innova dan Fortuner.