Karma 86 Version 2 atau V2 meluncur di Indonesia Modification Expo atau IMX 2021, Sabtu (2/10). Meski peluncurannya dilakukan secara virtual berbarengan dengan penyelenggaraan IMX 2021Limitless – All Virtual, namun tidak menyurutkan semangat tim dari Karma Bodykit untuk memperkenalkannya kepada khalayak.

Model kedua ini merupakan versi terbaru Karma 86  yang dirilis dan menuai kesuksesan sejak diperkenalkan pada IMX 2018 lalu. Melalui produk tersebutlah produk body kit garapan Influencer otomotif Kiki Anugraha kian dikenal secara global. Dari data terakhir yang dihimpun, Karma Bodykit mengklaim sebanyak lebih dari 35 set body kit didominasi oleh pasar ekspor ke Amerika Serikat (AS) dengan persentase penjualan 85%.

“Tiap gelaran IMX kami senantiasa menjadi platform peluncuran produk dari para tuner aftermarket Indonesia. Ini merupakan wujud nyata kami (IMX) untuk menstimulasi para tuner aftermarket lokal meskipun di tengah gempuran masa pandemi. Seperti spirit Cyber Lobby bergaya futuristis, ekspresi kebangkitan otomotif dan modifikasi di Indonesia menuju standar yang diakui di kancah internasional dapat terwujud melalui dukungan, sinergitas, adaptif terhadap kemajuan zaman dan terpenting menghadirkan lini produk berkualitas,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Menariknya, Karma 86 Version 2 terwujud berkat kolaborasi dengan produk cat otomotif Belkote Paints. Langkah ini ditempuh sebagai persembahan tuner aftermarket Indonesia ke publik internasional. Sehingga dari sisi produksi mampu menunjukan hasil kreasi dalam negeri semakin kompetitif.

“IMX tahun ini Karma Bodykit menggali lebih banyak potensi tuner aftermarket lokal dalam berkolaborasi, saling mendukung demi geliat perkembangan industri otomotif dan aftermarket lokal menuju panggung internasional. Dari sisi produksi Karma Bodykit dan Belkote murni buatan dalam negeri. Kualitas Belkote sendiri sangat saya rekomendasikan, untuk itu sy mengajak Belkote untuk berkolaborasi bersama untuk mekampanyekan kualitas produk lokal,” buka Kiki Anugraha saat sesi peluncuran Karma 86 Version 2.

Serangkaian produk aerodinamika KARMA 86 Version 2 terdiri dari bumper depan,lips bumper, side skirt, bumper belakang, over vender, bumper belakang, dan diffuser. Model baru ini juga mendapat wing spoiler dan dua buah knalpot ganda di bagian diffuser dan wing spoiler berpenampilan dramatis.

Berbeda dibanding versi pertama, menurut kami secara tampilan wujudnya lebih ramping tanpa menghilangkan karakter agresif khas gaya modifikasi stance yang mengekspos tampilan roda. Seperti proporsi air dam berlubang besar serta lekukan khas di kedua sisi bumper.

Lalu, model side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya. Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk dipasang secara plug and play pada Toyota 86, Subaru BRZ dan Scion FRS.

Material pembuatan body kit Karma 86 Version 2 menggunakan jenis FRP (Fiberglass Reinforced Plastic) grade A+. Memiliki keunggulan dari konstruksi padat, ringan, fleksibel, dan tentunya kokoh. Model body kit terbaru ini terpasang di unit Toyota FT86 milik Kiki Anugraha. Seolah tidak hanya berganti jubah dari versi pertama, maskot baru Karma Bodykit ini justru memancarkan suguhan berbeda.

“Estimasi pengerjaan sekitar 6 bulan. Mulai dari mulai fitting, membuat mal, mengukir model dan akhirnya produksi. Secara hasil kami (Karma Bodykit) menunjukan jika produk buatan dalam negeri sudah mampu menjadi pemain di kancah dunia,” tukas Kiki.