“Indonesia merupakan pasar yang besar bagi kendaraan penumpang dengan bentuk yang kompak,” begitu kutipan perkataan Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, soal pemetaan pasar mobil penumpang di Indonesia. Tidak salah, kutipan tersebut diperkuat dengan melonjaknya pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang dicatat GAIKINDO, rata-rata 11,4% setiap tahunnya, sejak 2005 silam.

Apalagi, sesuai dengan kebijakan Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) yang dicanangkan lewat Peraturan Presiden No. 41/2013 lalu, para pabrikan otomotif tanah air berlomba-lomba menciptakan mobil sesuai dengan kriteria tersebut.

Alasan tersebut yang memicu PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor untuk melakukan kolaborasi dalam menciptakan MPV tujuh penumpang, namun dengan harga terjangkau, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang baru saja diluncurkan Selasa (2/8) di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto dalam sambutannya saat peluncuran dua MPV Nasional tersebut menyatakan keseriusannya dalam mendukung industri otomotif dalam negeri untuk terus mengkreasikan mobil-mobil yang sejalan dengan program yang telah dicanangkan pemerintah beberapa tahun lalu.

“Namun kami tetap menghimbau untuk terus meningkatkan local content pada tiap produknya, agar juga turut mendongkrak industri komponen pendukung lokal lain yang terkait dari suatu produk tersebut,” sebut pak Menteri yang baru saja menjabat di Kabinet baru ini.

Sejauh ini, hampir seluruh pabrikan lokal sedang menggandrungi merakit kendaraan sejenis ini untuk dipasarkan ke konsumen. Seperti Honda dengan Brio Satya-nya, Suzuki dengan Karimun Wagon R, Datsun Go Panca dan Toyota Agya serta Toyota Ayla untuk yang berkapasitas lima orang.

Sementara itu, di kelas daya angkut tujuh penumpang, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra akan berhadapan dengan Datsun Go+ yang lebih dahulu diluncurkan 2014 lalu. Tak ketinggalan Mitsubishi yang kini sedang sibuk melakukan persiapan produksi untuk proyek MPV rakitan lokalnya yang akan dipasarkan tahun depan.