Sedianya Katalis EV.500 akan tampil perdana di gelaran Indonesia International Motor Show 2020 pada 9 April lalu. Namun pandemic COVID-19 yang melanda Indonesia, membuat gelaran ini dibatalkan atas dasar kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat di pameran tersebut.

But show must go on. Katalis EV.500 yang merupakan sepeda motor custom bertenaga listrik di karya Katalis Company telah rampung produksinya, tetap harus diperkenalkan ke masyarakat Indonesia sebagai gebrakan inovasi sepeda motor custom di era modern.

Katalis Company lewat Principal Designer-nya, Julian Palapa menyebutkan, Katalis EV.500 mengadopsi desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2. Visinya dalam merancang Katalis EV.500 tidak lepas dari pengalamannya sebagai arsitek.

Alih-alih mempertahankan rangka yang ada, Ia mengganti keseluruhan rangka dan swingarm dengan bahan baru yang terbuat dari aluminium dengan seri 6061. Secara holistik, motor ini merupakan bauran dari nostalgia desain militer tempo dulu, sedikit elemen visual khas Jepang, terakhir dengan teknologi listrik masa depan.

“Kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang body atau shield-nya menggunakan bahan metal. Selain itu, pengendaranya juga akan dimanjakan berbagai panel instrument yang bergaya retro, namun fungsional. Mulai dari voltmeter analog hingga saklar lampu,” tambah Julian.

Ia juga menjelaskan bahwa tidak hanya meningkatkan visual dari Selis, terutama seri Garuda yang menjadi basis, EV.500 juga diharapkan cukup ergonomis sehingga seakan menyatu dengan gerakan pengendaranya. “It’s like you’re riding the bike, together with the bike,” jelas Julian dalam bahasa Inggris.

Menurut Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga, Katalis mengedepankan tiga variabel utama dalam mengembangkan EV.500. Pertama adalah EV.500 harus memberikan nuansa kebebasan dalam akses terhadap mobilitas bagi para penggunanya. Kedua adalah EV.500 harus mampu memberikan kebahagian bagi para penunggangnya ketika berkendara. Ketiga, EV.500 turut menawarkan pengalaman berkendara yang bebas dari polusi udara dan turut menjaga lingkungan sekitar.

“Mengapa hal ini penting, kami merasa bepergian atau mobilitas bukan hanya beranjak dari satu titik ke titik lainnya. Namun, perjalanan yang memiliki makna bagi kehidupan, dengan berbagai latar belakang cerita dari setiap perjalanan tersebut. Tentunya, perjalanan yang ditempuh dengan EV.500 haruslah diiringi dengan kebahagiaan,” ucap Joseph.

Sebagai poin ia juga menambahkan bahwa dengan hadirnya EV.500, dapat menjadi cetak biru bagi Katalis dalam mengembangkan solusi mobilitas masa depan. “It’s a micro-mobility solution according to changes in society and people’s lifestyles.” ucap Joseph.