Bersamaan dengan gelaran Yamaha Motorsports Asia / ASEAN Conference, di Sepang, Malaysia, 5 Februari 2015 lalu. Yamaha Motor Co, Ltd mengumumkan peluncuran kelas baru di Asia Road Racing Championship (ARRC). Kelas 250cc yang diadakan berkat kerjasama dengan grup perusahaan lokal di kawasan Asia dan ASEAN memang cukup dinantikan para pembalap. Antusiasme dari peserta di kelas yang akan dimulai di 2015 ini cukup besar, lantaran kelas ini tentu saja menjadi kelas penengah antara bebek 130cc ke Supersport 600cc.

Sejak diluncurkan tahun 1996, Asia Road Racing Championship (ARRC) sudah masuk musim ke-20 pada tahun 2015 ini, kemunculan kelas baru yang menjadi penjenjangan menuju Supersport Asia ini, 13 pembalap dari tujuh tim langsung ikut berpartisipasi. “Kelas ini memang memberikan kesempatan para pembalap muda untuk menantang diri mereka untuk naik ke jenjang yang lebih lanjut. Tak hanya itu, Yamaha juga memberi kesempatan para rider muda ini masuk ke All Japan Road Race Championship atau yang beruntung bisa mendapat wild card di kelas Moto2 Kejuaraan Grand Prix Dunia,” tukas Eddy Saputra, salah satu owner team yang berlaga di kelas 250cc ini.

Indonesia sendiri adalah negara yang paling banyak menurunkan pembalap. Yakni lima pembalap dari dua tim. Sigit PD, Imanuel Pratna dan Galang Hendra Pratama dari tim Yamaha Racing Indonesia. Lalu M. zaky serta pembalap asal Papua ,Rusman Fadhil yang mengusung bendera Yamaha Tunggal Jaya.

Launching kelas 250cc di Hotel Sama-Sama, Sepang, Malaysia ini juga dihadiri oleh para pembalap MotoGP Yamaha yang ikut menyemangati para pembalap muda Asia tersebut. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha , Bradley Smith dan Pol Espargaro dari Monster Tech3 Yamaha serta Forward Yamaha yang diwakili oleh Stefan Bradl dan Loris Baz.

13 pembalap dari tujuh tim (dua tim masing-masing dari Indonesia dan Thailand, dan masing-masing dari Australia, Korea Selatan, dan Hong Kong). Setiap pengendara akan bersaing dengan menunggangi global model Yamaha, YZF-R25 yang akan digelar selama enam seri di tahun ini.

Finson Motorsports adalah salah satu team yang berlaga di kelas 250cc ini. Kehadiran dua pembalap mereka, Brandon Paul Demmery asal Australia dan Kasma Daniel bin Kasmayudin dari Malaysia cukup mewarnai acara yang dihadiri sejumlah pembalap muda berpotensi ini.

Team yang bermarkas di Sydney, Australia ini sengaja memilih pembalap belia kelahiran Wagga Wagga , Australia 7 September1997 dan Malaysia 9 Februari yang penuh prestasi dan masih fresh. “Team kami diperkuat Ian Irving. Mekanik Yamaha yang sudah berpengalaman di dunia balap,” tambah Eddy Saputra. “Dan adanya pembalap Australia ini pada dasarnya adalah permintaan Yamaha Motor Corporation, Jepang agar pesertanya lebih beragam,” tukas Eddy.

 

List of Teams Participating in the 250cc Class of the 2015 Asia Road Racing Championship Series

Finson Motorsport :Brandon Paul Demmery (AUS), Kasma Daniel Kasmayuddin (MAS)

Now Yamaha MLT Racing Team China: Meng Xing Bin (CHN), Li Zhen Pang (CHN)

Yamaha Racing Indonesia: Sigit Purno Harjono (INA), Imanuel Putra Pratna (INA), Galang Hendra Pratama (INA)

Yamaha Tunggal Jaya Racing Team: Muhamad Hasyin Zaki Adil (INA), Rusman Fadhil (INA)

Team YSK Korea: Minseok Baik (SKR), Hogon Lim (SKR)

Yamaha Thailand Racing Team: Peerapong Boonlert (THA), Peerapong Loiboonpeng (THA)