Begal kembali berulah dibeberapa daerah, hal ini tentunya menakutkan. Seakan tidak memiliki rasa manusiawi serangan membabi buta kerap dilakukan untuk melumpuhkan korban. Bahkan yang baru terjadi dilakukan oleh remaja dengan rentan umur yang terbilang muda.

Para pengendara yang melakukan perjalanan dimalam hari tentunya memiliki rasa takut akan situasi ini. Situasi dan kondisi jalan yang sepi kerap jadi kesempatan bagi para pelaku begal untuk melancarkan aksinya.

Melihat dari beberapa aksi video yang tersebar di media sosial, jalur yang gelap dan sepi turut jadi lokasi untuk mengeksekusi korban. Tentunya situasi seperti ini sulit untuk mencari pertolongan pada orang disekitar.

Terlebih jika Anda berkendara sendiri dengan tidak mengetahui situasi jalan dan jalur yang Anda lewati. Tiga faktor ini tentunya menjadi target pelaku begal yang selalu melihat adanya kesempatan. Oleh sebab itu, sebagai pengendara motor Anda harus selalu mengantisipasi keadaan ini. Berikut cara menghindari begal saat berkendara motor.

Memeriksa dan melengkapi komponen motor

Sebelum berkendara ada baiknya Anda memeriksa bagian – bagian penting pada sepeda motor. Mulai dari pencahayaan, baik lampu depan, lampu rem dan lampu sein. Adanya spion yang juga bisa digunakan melihat situasi dibelakang. Dan klakson dengan suara lantang dapat juga difungsikan untuk menarik perhatian orang lain saat anda tengah dibuntuti pengendara yang mencurigakan.

Cek juga busi, karbu, rantai serta kelistrikan lainnya saat motor sedang dipanaskan, pastikan semua berfungsi dengan baik. Tidak lupa juga untuk memeriksa bagian ban, jangan sampai tekanan angin tidak sesuai atau jauh dari angka yang dianjurkan. Pastikan juga tidak adanya batu atau benda tajam yang dapat merusak ban. Hal ini guna mengantisipasi mogok atau bocor dilokasi yang sepi.

Memilih rute perjalanan

Disetiap perjalanan pastikan untuk lebih dulu memilih rute yang akan kalian lalui atau sudah biasa Anda lewati. Seperti yang sudah disampaikan, biasanya begal akan beraksi di jalan yang sepi dan gelap. 

Maka dari itu jalur yang lebih ramai dan banyak dilewati pengendara lain serta adanya lampu penerangan jalan bisa jadi pilihan. Pasalnya  situasi ramai bisa lebih mudah untu meminta pertolongan orang lain.

Menggunakan riding gear

Riding gear bukan hanya bisa meminimalisir cidera saat terjadi kecelakaan. Fungsi lainnya juga bisa mengantisipasi serangan dari begal. Mulai dari helm, glove, jaket, celana panjang dan sepatu.

Meletakan benda berharga ditempat aman

Saat berkendara tentunya Anda sangat tidak disarankan untuk bermain handphone. Selain berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain, kegiatan ini juga bisa mengundang tindak kejahatan.

Maka dari itu pengendara disarankan untuk meletakan barang ditempat aman. Untuk kaum hawa hindari penggunaan tas slempang dan menaruh disatu sisi pundak karena bisa dengan mudah diambil oleh begal. Lebih disarankan menggunakan tas ransel, boks motor dan meletakannya dibagasi motor. 

Bukan berarti dengan maraknya begal membuat Anda enggan dalam melakukan aktivitas. Pulang sore mungin bisa jadi salah satu cara ampuh menghindarinya, namun jika pulang larut malam cara diatas bisa Anda gunakan untuk menghincari begal.